Sukses

Selain Makan dan Minum, Ini 5 Hal Lain yang Bisa Membatalkan Puasa

Dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadan ternyata ada beberapa perbuatan yang membuat puasa kita batal.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika menjalani ibadah puasa semua orang tentu ingin menjalaninya dengan benar dan mendapatkan pahala. Oleh karena itu, sudah menjadi hal yang wajib dilakukan untuk seseorang yang sedang berpuasa menghindari hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

Dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadan, ternyata ada beberapa perbuatan yang membuat puasa kita batal. Maka ada baiknya kita memahami hal-hal apa saja yang bisa membatalkan puasa. Berikut ulasannya.

1. Berhubungan Suami Istri di Siang Hari

Bersetubuh atau berhubungan suami istri di siang hari di bulan Ramadan menjadi hal yang membatallkan puasa seseorang. Namun, jika kedua pasangan berhubungan suami istri pada malam hari (sesudah berbuka puasa) maka tidak akan merusak ibadah puasa yang dijalani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Muntah dengan Sengaja

Muntah dengan sengaja adalah salah satu hal yang membatalkan puasa seseorang. Muntah dengan sengaja yang dimaksud adalah dengan keadaan sadar dan sengaja mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut.

Sedangkan jika seseorang tidak sengaja muntah (sama sekali tak ada niatan untuk memuntahkan sesuatu dari mulut), maka hal tersebut tidak membatalkan puasa.

3 dari 5 halaman

3. Merokok

Merokok juga bisa membatalkan puasa. Walaupun tidak makan dan minum, merokok saat puasa akan membuatmu batal puasa.

Asap rokok bisa masuk ke dalam lambung sehingga dengan jelas bisa membatalkan puasa. Bukan hanya saat puasa Ramadhan saja, merokok saat menjalankan puasa lainnya juga bisa membatalkan puasa.

4 dari 5 halaman

4. Haid

Wanita yang datang bulan atau sedang haid, puasanya akan batal. Sekalipun haid datang di akhir siang atau menjelang waktu berbuka puasa, maka puasa yang sebelumnya dilakukan akan batal.

5 dari 5 halaman

5. Berniat berbuka puasa

Jika secara sengaja kamu memiliki niat untuk berbuka puasa padahal belum masuk waktu buka, maka puasanya bisa batal. Bahkan sekalipun itu hanya niat dan belum makan atau minum apapun, puasa bisa batal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini