Sukses

Tanpa Disadari, 4 Hal Ini Bikin Berat Badan Naik Saat Puasa Ramadan

Rupanya ada beberapa hal yang tanpa disadari justru memicu naiknya berat badan ketika berpuasa, berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Saat berpuasa, umat muslim menjalankan akan menahan makan dan minumnya dari mulai terbit mahari hingga terbenam. Ya, selama bulan puasa kita hanya memiliki waktu makan pada malam hari usai berbuka dan juga sahur.

Namun, justru tak sedikit orang yang justru merasa bahwa berat badannya naik saat berpuasa. Atau mungkin kamu salah satunya?

Hal ini tentu membuat banyak orang bertanya-tanya, bagaimana bisa berat badan justru naik ketika berpuasa. Rupanya ada beberapa hal yang tanpa disadari justru memicu naiknya berat badan ketika berpuasa, berikut ulasannya.

1. Makan berlebihan saat berbuka

Penyebab berat badan naik saat berpuasa yang utama yakni makan dengan jumlah banyak dan berlebihan ketika berpuka.

Ya, tak sedikit orang yang memanfaatkan waktu berbuka puasa untuk “balas dendam” dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori, manis dan berlemak. Berat badan tentu saja akan naik bila kamu langsung mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dalam jumlah banyak.

Maka dari itu, ada baiknya kamu perbanyak konsumsi buah buahan yang kaya serat. Barulah setelah 30 menit atau satu jam, kamu bisa menyantap makanan utama seperti nasi dan lauk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Waktu tidur kurang

Tak banyak yang tahu bahwa kurangnya waktu tidur juga bisa jadi penyebab berat badan naik saat berpuasa. Saat berpuasa sebulan penuh jadwal tidur juga pasti berubah lantaran harus bangun sahur.

Banyak orang yang terbiasa tidur malam atau begadang, tentu saja ketika harus bangun sahur tidurnya menjadi tidak cukup karena harus bangun lebih awal dari biasanya.

Ketika kamu kurang tidur, hormon leptin, hormone yang mampu menekan rasa lapar akan terganggu. Sehingga akan membuatmu jadi semakin mudah kelaparan dan bernafsu untuk terus makan. Hal inilah yang menyebabkan seseorang menjadi tidak bisa menghentikan nafsu makan saat berbuka puasa.

3 dari 4 halaman

3. Kurang aktivitas fisik

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ketika berpuasa orang akan lebih sedikit melakukan aktivitas fisik. Padahal kurangnya melakukan aktivitas fisik juga bisa menjadi penyebab berat badan naik saat berpuasa.

Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk tetap melakukan olahraga ringan di bulan puasa ini. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, atau jogging sambil ngabuburit di sore hari agar badan tetap sehat dan berat badan tidak naik.

4 dari 4 halaman

4. Tidur setelah sahur

Tentu banyak dari kamu yang memilih untuk langsung tidur kembali usai sahur. Padahal tanpa disadari, hal ini bisa membuat berat badan naik. Hal ini lantaran langsung tidur setelah sahur dapat menghambat proses pencernaan makan.

Kalori yang harusnya dibakar malah dibiarkan menumpuk di dalam tubuh karena kamu langsung tidur. Makanan tersebut tentunya tak bisa berubah menjadi energi dan justru menumpuk menjadi lemak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini