Sukses

6 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Tingkatkan Imunitas

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin A, C, E dan K, asam amino, asam folat, serta antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Kiwi menjadi salah satu buah yang difavoritkan banyak individu. Buah yang memiliki kulit bewarna cokelat menyerupai sawo ini memiliki rasa menyegarkan dengan tekstur yang lembut.

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin A, C, E dan K, asam amino, asam folat, serta antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Dari banyaknya kadungan vitamin pada buah kiwi, berikut ini beberapa manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh, seperti melansir dari Boldsky, Selasa (28/4/2020).

1. Membantu Pencernaan 

Buah kiwi mengandung enzim proteolitik yang disebut aktinidin, dikenal karena sifat pelarutan proteinnya. Kiwi juga mengandung serat yang membantu pencernaan.   

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak kiwi bisa meningkatkan pencernaan dan menjaga masalah pencernaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Melindungi Mata

Buah kiwi adalah sumber phytochemical yang baik, yang membantu mencegah degenerasi makula. 

Vitamin A dan phytochemical hadir dalam buah kiwi melindungi mata dari katarak dan gangguan penglihatan, sehingga bisa merawat mata.

3 dari 6 halaman

3. Mempekuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kehadiran vitamin C dalam buah kiwi membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal penyakit. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Fisiologi dan Farmakologi Kanada menunjukkan bahwa buah kiwi memperkuat kekebalan dan mengurangi kemungkinan penyakit pilek atau flu.

4 dari 6 halaman

4. Memperbaiki Gangguan Tidur

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrisi Klinis Asia Pasifik telah mengungkapkan bahwa buah kiwi mengandung antioksidan yang telah terbukti bermanfaat untuk gangguan tidur seperti insomnia.

5 dari 6 halaman

5. Membantu Mengobati Asma

Menurut sebuah penelitian, individu dengan asma harus makan kiwi karena buah hijau ini memiliki efek menguntungkan pada fungsi paru-paru.

Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti kiwi bisa membantu mengurangi mengi pada anak-anak yang mengalami asma.

6 dari 6 halaman

6. Memberikan Kulit Sehat

Kiwi adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang larut dalam air yang melindungi kulit dari kerusakan berbahaya yang disebabkan oleh sinar matahari, polusi dan asap.

Buah kiwi bisa menunda penuaan dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.