Sukses

Tak Sulit, Begini 5 Cara Sederhana Tingkatkan Sistem Imun Saat Puasa

Berikut deretan cara sederhana yang bisa kalian lakukan untuk tingkatkan sistem imun.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan tahun nampaknya cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya seluruh umat muslim di dunia harus menjalani bulan Ramadan di tengah Pandemi corona Covid-19.

Nampaknya sangat penting bagi kita untuk menjaga sistem imun saat berpuasa di tengah pandemi ini. Selain cuci tangan dan mengenakan alat pelindung saat pergi ke luar rumah, penting untuk kita semua untuk menerapkan gaya hidup sehat guna meningkatkan sistem kekebalan. Tak sulit, dikutip dari Yourtango berikut deretan cara sederhana yang bisa kalian lakukan untuk tingkatkan sistem imun.

1. Tidur lebih banyak

Jika kalian punya lebih banyak waktu, gunakanlah untuk tidur. Selama beristirahat, tubuh menghasilkan protein yang disebut sitokin, yang beberapa di antaranya membantu meningkatkan tidur.

Jika kalian tidak mendapatkan istirahat yang cukup, kadar protein ini berkurang, dan kalian akan lebih cenderung jatuh sakit. Oleh karena itu hindari pula begadang di malam hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Olahraga ringan

Saat berpuasa bukan berarti kalian tak bisa berolahraga. Cobalah untuk tetap bergerak dan melakukan olahraga ringan seperti merenggangkan otot-otot atau yoga. Hal ini bisa membantu meningkatkan sistem imun.

3 dari 5 halaman

3. Konsumsi bahan makanan penuh warna

Saat sahur dan berbuka puasa usahakan untuk mengonsumsi makanan penuh warna seperti sayur dan buah-buahan. Hal ini sangat baik bagi tubuh terutama bisa membantu meningkatkan sistem imun dan membuat kalian tak mudah sakit.

4 dari 5 halaman

4. Konsumsi lebih banyak vitamin C dan zinc

Baik vitamin C dan zinc dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Keduanya bisa membantu kalian mencegah penyakit dan membantu untuk pulih lebih cepat.

5 dari 5 halaman

5. Tertawa dan tidak stres

Pola pikir positif dapat membantu kalian mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tertawa membatasi kadar hormon stres seperti kortisol dalam darah.

Hal ini juga meningkatkan jumlah sel darah putih, termasuk sel pembunuh alami. Jika kalian memiliki waktu luang cobalah untuk menyaksikan acara komedi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara lain untuk menghilangkan stres yaitu yoga, meditasi, dan perawatan diri. Kalian bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah dan gratis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.