Sukses

Ramadan 2020 Mulai Jumat, Begini Sukacita Warganet Sambut Puasa di Tengah Corona

Dalam menyambut puasa Ramadan 2020 yang akan dimulai pada Jumat (24/4/2020) besok, masyarakat tampak begitu antusias.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan menjadi momen yang paling ditunggu umat muslim di seluruh dunia. Di bulan yang suci ini, masyarakat muslim akan melakukan ibadah puasa, menahan diri dari nafsu, makan, minum dan semua hal yang membatalkan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Dalam menyambut puasa Ramadan 2020, yang akan dimulai pada Jumat (24/4/2020) besok, masyarakat tampak begitu antusias. Bentuk kegembiraan tersebut terlihat dalam ekspresi yang meramaikan berbagai lini masa jejaring sosial, seperti Twitter.

Namun, Ramadan tahun ini berbeda dari bulan Ramadan sebelumnya, karena tengah dalam situasi pandemi Corona atau Covid-19.

Meski begitu, warganet tetap bersukacita menyambut Ramadan esok dengan menuturkan berbagai twit tentang Ramadan hingga ucapan permintaan maaf kepada kerabat. Adapula warganet yang mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ekspresi Warganet Sambut Ramadan 2020

Meski puasa di tengah Corona, warganet merasa bersyukur karena bisa bertemu bulan Ramadan tahun ini. Berikut berbagai ekspresi warganet sambut Ramadan 2020 yang berhasil dipantau tim Citizen6-Liputan6.com, di lini masa Twitter, Kamis (23/4/2020). 

"Selamat menyambut Ramadan teman2. Reposted from @narasi.tv Meski bulan suci tahun ini akan terasa berbeda, ibadah puasa dan kebaikan-kebaikan lainnya tetap dapat kita tunaikan. Karena di bulan Ramadan, kebaikan seharusnya tanpa sekat," tulis @NajwaShihab.

"Marhaban ya ramadhan Two heartsalhamdulillah bisa ketemu sama bulan ramadhan tahun ini meskipun situasinya beda banget. Nay minta maaf kalo ada salah, pastinya banyak. kalo pernah ada yang merasa tersinggung. maafin nay ya Sparkles. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yg menjalankan," kata akun @nayfullofjoy.

"Puasa tahun ini emang beda, tapi tetap harus bersyukur masih di pertemukan apalagi masih dengan keluarga yg lengkap," sahut akun @ekhaaaismail.

"Meskipun suasana puasa di tahun ini beda dengan puasa di tahun tahun kemarin, tapi.. Alhamdulillah, masih dikasih kesempatan bertemu dengan bulan yang penuh keberkahan ini," tulis akun @Yiskaak1.

"Selamat menjalankan ibadah puasa. Puasa tahun ini beda dengan yg sebelumnya sebagai salah satu cobaan yg bs meningkatkan nilai ibadah. Semoga berjalan dgn lancar," kata akun @eriemrn.

"Selamat berpuasa semua. In the spirit of Ramadan, lets be kinder to everyone. Our family, neighbours, friends and strangers," @syaazaazainal.

Saking banyaknya twit menyambut Ramadan, kata kunci "Ramadhan" pun berada di jajaran trending topic teratas Twitter kawasan Indonesia.

3 dari 3 halaman

Penetapan Awal Ramadan 1441 H

Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan awal puasa Ramadan 2020 jatuh pada April 2020. Awal puasa ini diputuskan melalui sidang Isbat penentuan 1 Ramadan 1441 Hijriah yang digelar Kemenag bersama sejumlah pihak. 

"Kami dengan suara bulat menetapkan bahwa awal Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada esok hari bertepatan dengan Hari Jumat tanggal 24 April 2020," kata Menteri Agama Fachrul Razi di Kemenag, Jakarta, Kamis (23/4/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.