Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Ini 6 Manfaat Konsumsi Teh Pisang Bagi Tubuh

Teh pisang juga mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Penasaran apa saja? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Pisang menjadi salah satu buah-buahan yang banyak dikonsumsi karena manfaat nutrisinya, tapi juga mengandung gula dan kalori yang tinggi.

Buah dengan kulit kuning ini bisa diolah menjadi minuman maupun makanan. Namun, kamu juga bisa mengolahnya menjadi teh pisang. 

Teh pisang terbuat dari pisang utuh yang direbus dengan air mineral. Kamu juga bisa menambahkan madu atau kayu manis ketika ingin meminum teh pisang ini.

Kamu bisa membuatnya dengan atau tanpa kulitnya. Jika dibuat dengan kulit bisa disebut dengan teh kulit pisang. Teh yang diresapi pisang ini mengandung nutrisi seperti kalium, magnesium, tembaga dan vitamin B6.

Teh pisang juga mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Nah, penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Kamis (22/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Teh pisang kaya akan mineral penting seperti magnesium dan kalium yang telah terbukti membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, jenis antioksidan yang disebut catechin hadir dalam teh pisang bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

3 dari 7 halaman

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menurut sebuah penelitian, pisang menjadi sumber magnesium dan potasium yang sangat baik dan terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur karena sifatnya yang mengendurkan otot. 

Pisang juga mengandung asam amino L-tryptophan yang menghasilkan hormon serotonin dan melatonin yang merangsang tidur.

4 dari 7 halaman

3. Meningkatkan Mood

Pisang mengandung dipamin dan asam amino yang disebut L-tryptophan yang menghasilkan serotonin. Keduanya bertanggung jawab untuk berfungsinya otak dan dikenal untuk mengurangi gejala depresi dan kecemasan. 

Minum teh pisang secara teratur adalah cara yang efektif untuk meningkatkan moodmu.

5 dari 7 halaman

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Teh pisang memiliki kemampuan untuk membantu dalam penurunan berat badan karena kandungan rendah kalori dalam pisang.

Menambahkannya sebagai bagian dari dietmu akan menekan nafsu makan, meningkatkan metabolismemu dan membuatmu merasa puas untuk jangka waktu yang lebih lama.

6 dari 7 halaman

5. Mencegah Kembung

Teh pisang kaya akan kalium dan mineral yang sangat penting untuk mengatur tekanan darah, keseimbangan cairan dan kontraksi otot. 

Ini mencegah kembung dengan mengatur kadar natrium dalam tubuh dan dengan demikian mengurangi kembung yang disebabkan garam.

7 dari 7 halaman

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kulit pisang memiliki sifat antimikroba, antioksidan dan sejumlah senyawa bioaktif seperti polifenol dan karoten, yang bisa membantu melawan radikal bebas. 

Radikal bebas menyebabkan peradangan kulit, penuaan dan masalah-masalah umum terkait kulit lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.