Sukses

7 Hal yang Membantu Anda Menurunkan Berat Badan Saat Tidur

Hal-hal ini akan membantu Anda menurunkan berat badan saat Anda tidur

Liputan6.com, Jakarta Berolahraga secara teratur serta mengonsumsi makanan bergizi membantu Anda menurunkan berat badan dan tetap sehat. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukannya.

Tapi bagaimana dengan tidur? Pasti kita semua melakukannya. Karenanya, kenapa tidak mencoba hal-hal yang membantu Anda menurunkan berat badan saat Anda tidur?

Dilansir dari Brigtside, Rabu (22/4/2020), ini dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tidur telanjang

Mungkin ini terdengar sedikit aneh, namun tidur tanpa busana memiliki banyak manfaat. Dengan membiarkan tubuh terasa sejuk, ini dapat mempercepat proses pembakaran lemak.

Tak hanya itu, membiarkan tubuh terasa sejuk saat tidur juga dapat meningkatkan lemak baik di tubuh yang membantu membakar kalori.

 

3 dari 8 halaman

2. Tidur dengan lampu dimatikan

Tidur dengan keadaan benar-benar gelap akan membuat tubuh memproduksi hormon melatonin. Ini tak hanya membantu Anda tidur nyenyak tapi juga memproduksi zat yang akan membakar kalori selama Anda tidur.

 

4 dari 8 halaman

3. Mematikan semua perangkat elektronik

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard menemukan bahwa gelombang cahaya biru yang diproduksi oleh tablet dan ponsel dapat mencegah tubuh memproduksi melatonin yang membantu Anda tidur nyenyak.

 

5 dari 8 halaman

4. Tidak berolahraga menjelang waktu tidur

Berolahraga menjelang waktu tidur akan membuat tubuh Anda lebih sulit untuk tidur nyenyak. Lebih baik bila Anda berolahraga di pagi hari. Ini akan membuat Anda bersemangat seharian. Tapi jika memang Anda hanya memiliki waktu luang di malam hari, berolahragalah empat jam sebelum waktunya tidur.

 

6 dari 8 halaman

5. Disiplin dengan waktu tidur Anda

Kita tahu bahwa tubuh butuh istirahat yang cukup agar Anda tetap sehat. Akan tetapi, seringkali kesibukan dan hiburan membuat Anda kurang tidur.

Cobalah disiplin dengan waktu tidur yang Anda tetapkan sendiri. Berilah tubuh waktu istirahat 7-8 jam sehari. Mereka yang istirahat cukup membakar kalori 20 persen lebih banyak setelah makan ketimbang yang kurang tidur.

 

7 dari 8 halaman

6. Menjauhi alkohol menjelang waktu tidur

Mengonsumsi alkohol menjelang waktu tidur akan membuat tubuh memetabolisme itu saat Anda tidur. Ini akan membuat Anda sulit mendapat tidur nyenyak, waktu saat tubuh membakar kalori. Biasakan menjauhi alkohol tiga jam sebelum tidur.

8 dari 8 halaman

7. Mengonsumsi makan malam dalam porsi kecil

Biasakan menjauhi porsi makan yang besar saat malam dan menjelang tidur. Saat tidur, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan. Bila Anda makan malam cukup berat, hormon pertumbuhan akan mengendap di makanan dan menjadikannya lemak alih-alih membakar kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.