Sukses

7 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Baik Dikonsumsi Rutin

Karena kaya akan vitamin, semangka ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Semangka menjadi salah satu buah yang disukai banyak individu. Rasanya yang manis dan segar membuat buah merah ini banyak diburu, apalagi ketika cuaca panas.

Semangka mengandung 92 persen air. Setiap gigitan semangka mengandung vitamin A, vitamin C, antioksidan dan asam amino dalam jumlah yang baik. Bahkan, semakin matang semangka, makin tinggi tingkat likopen dan beta karoten.

Karena kaya akan vitamin, semangka ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (20/4/2020). 

1.   Mencegah Kanker

Semangka mengandung likopen yang dikaitkan dengan mencegah kanker pada sistem pencernaan. Likopen akan menurunkan risiko kanker dengan mengurangi insulin-like growth factor (IGF), protein yang terlibat dalam pembelahan sel.

Tingkat IGF yang lebih tinggi dikatakan bisa meningkatkan kemungkinan kanker.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

 

Likopen melindungi mata dari peradangan dan kerusakan oksidatif. Ia bekerja sebagai senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa membantu mencegah degenerasi macula terkait usia.

3 dari 7 halaman

3. Mencegah Asma

 

Semangka merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang menurunkan risiko asma dan penelitian menunjukkan bahwa vitamin C memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. 

Seseorang dengan asma memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah di dalam tubuh sehingga ia mengalami gejala asma.

 

4 dari 7 halaman

4. Meningkatkan Pencernaan

 

Semangka mengandung banyak serat, yang mendorong sistem pencernaan yang sehat dan menjaga pergerakan ususmu teratur.

5 dari 7 halaman

5. Menurunkan Peradangan

 

Kandungan likopen dan vitamin C yang tinggi dalam semangka membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah-buahan yang kaya likopen dan vitamin C bisa menurunkan tingkat peradangan dalam tubuh.

6 dari 7 halaman

6. Menghidrasi Tubuh

 

Karena semangka memiliki kandungan air yang tinggi, maka akan membuat tubuhmu tetap terhidrasi, terutama selama bulan-bulan musim panas.

7 dari 7 halaman

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

 

Vitamin C dan vitamin A dalam semangka bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C diperlukan untuk membuat kolagen, protein yang menjaga kulitmu halus dan rambutmu kuat. 

Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dengan memperbaiki sel-sel kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.