Sukses

Sering Dibuang, Ini 7 Manfaat Menakjubkan Kulit Lemon untuk Kesehatan

Nah, penasaran manfaat apa saja yang didapat jika mengkonsumsi kulit lemon? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Lemon menjadi salah satu buah yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Buah kuning ini biasanya digunakan untuk bumbu masak atau berbagai minuman.

Namun selain bulirnya, kulit lemon yang biasanya dibuang ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan.

Penelitian telah menemukan bahwa kulit jeruk memiliki jumlah senyawa flavonoid tertinggi yang disebut flavon polimethoxylated (PMFs) dibandingkan dengan bagian buah lainnya yang bisa dimakan. 

Nah, penasaran manfaat apa saja yang didapat jika mengkonsumsi kulit lemon? Berikut ulasannya seperti melansir Boldsky, Kamis (16/4/2020).

1. Membantu Penurunan Berat Badan 

Kulit lemon mengandung pektin yang dikenal bisa menurunkan berat badan dan bisa memperlambat penumpukan lemak dalam tubuh.

Pektin menyerap air dan membentuk massa kental, yang berjalan melalui lambung dan usus kecil yang tidak tercerna. Ini akan membuatmu merasa kenyang untuk periode waktu yang lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kulit lemon mengandung sejumlah besar kalsium, magnesium, fosfor dan vitamin C. Semua nutrisi ini membantu mencegah osteoporosis, rheumatoid arthritis dan kondisi tulang terkait lainnya.

3 dari 7 halaman

3. Melawan Kanker

Kulit lemon menunjukkan sifat melawan kanker karena adanya flavonoid dan vitamin C di dalamnya. 

Ini menurunkan risiko beberapa jenis kanker dan vitamin C vbisa membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang membantu menghilangkan sel kanker yang bermutasi.

4 dari 7 halaman

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kulit lemon memiliki kemampuan untuk memperkuat kekebalanmu karena kandungan flavonoid dan vitamin C. 

Jika kamu merasa sakit, tambahkan kulit lemon ke dalam makanan atau minumanmu untuk memberikan tambahan energi ke tubuhmu.

5 dari 7 halaman

5. Kesehatan Mulut

Kulit lemon mengandung sifat antibakteri yang memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan mikroorganisme. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa kulit lemon memiliki senyawa tertentu yang bisa secara efektif melawan penyakit mulut yang disebabkan oleh bakteri seperti Streptococcus mutans.

6 dari 7 halaman

6. Baik untuk Sistem Pencernaan

Serat dalam kulit lemon bisa menjaga saluran pencernaanmu berjalan dengan baik karena membantu pencernaan yang baik, menurunkan peradangan lambung dan mencegah sembelit.

7 dari 7 halaman

7. Mengurangi Tekanan Darah

Menurut sebuah penelitian, senyawa penting dalam kulit lemon bisa mengurangi tekanan darah tinggi. 

Selama studi empat minggu, 60 anak obesitas dilengkapi dengan bubuk kulit lemon yang menyebabkan penurunan tekanan darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.