Sukses

4 Tips Perawatan untuk Kulit Tangan Kering Agar Kembali Indah

Cara-cara ini dapat mengembalikan kelembaban kulit tangan

Liputan6.com, Jakarta - Kulit tangan kita harus tangan dengan banyak hal setiap hari. Gatal-gatal, kering, dan iritasi kulit adalah gejala umum bagi banyak orang yang mungkin menjadi lebih buruk saat mereka terlalu sering mencuci tangan.

Namun, dengan rutinitas sederhana ini, Anda dapat 'menyelamatkan' tangan Anda tanpa terlalu banyak berusaha. Berikut ini solusi alami yang akan membantu Anda menjaga tangan tetap lembut dan indah seperti dilansir dari Brightside.me.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Perhatikan cara Anda mencuci tangan

Mencuci tangan terlalu sering dapat merusak pelindung kulit Anda, menyebabkan kekeringan, dan iritasi. Tak hanya itu, produk dengan tingkat pH yang tak cocok dan teknik mencuci tangan yang tak tepat dapat berkontribusi pada kerusakan kulit.

Yang harus Anda lakukan adalah hindari mencuci tangan dengan air panas karena hanya akan mengeringkan kulit Anda dan tak lebih efektif melawan mikroba ketimbang memakai air suam-suam kuku atau air dingin. Juga lebih baik memilih sabun cair yang lembap dan menghindari sabun batangan karena tingkat pH-nya yang tinggi dapat menyebabkan iritasi kulit. Saat Anda mengeringkan tangan, jangan terlalu banyak menekan. Cukup menepuknya sampai kering.

 

3 dari 5 halaman

2. Mengoleskan pelembap tiap kali habis mencuci tangan

Kulit Anda kehilangan kelembapan dalam waktu 60 detik setelah Anda mencuci tangan, jadi penting untuk melembapkannya tepat setelah setiap kali mencuci. Kulit yang agak basah sangat cocok untuk menjaga kelembapan.

Jadi, pilihlah krim tangan dengan bahan yang tepat. Petrolatum, dimethicone, dan jenis butter akan membuat penghalang untuk air pada kulit Anda, sementara asam hialuronat dan gliserin akan menambah kelembapan.

Setelah Anda mencuci tangan, oleskan krim tangan ke tangan Anda yang sedikit basah. Cobalah untuk tidak menyentu apapun sampai tangan Anda benar-benar kering untuk membiarkan krim meresap dan terserap ke dalam kulit. Ingatlah bahwa tangan basah dapat memindahkan kuman lebih mudah sehingga lebih baik tak terburu-buru.

 

4 dari 5 halaman

3. Menggunakan rangkaian perawatan malam

Malam hari adalah kesempatan yang tepat untuk melembapkan tangan Anda yang kering dengan membiarkan produk untuk tetap berada di kulit lebih lama. Dengan cara ini, produk dapat terserap oleh kulit tangan semalaman yang memberikan hasil lebih baik.

Pilihlah krim tangan atau lotion yang bergizi atau melembapkan dan oleskun ke kulit tangan. Anda dapat menggantinya dengan pelembap alami seperti minyak kelapa, minyak jojoba, atau gel lidah buaya. Kemudian, kenakan sarung tangan katun dan pergi tidur.

 

5 dari 5 halaman

4. Jangan lupa untuk melakukan pengelupasan (exfoliation) kulit

Ini dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, meningkatkan pembaruan kulit, dan membuat krim menyerap lebih baik ke dalam kulit yang meningkatkan efeknya. Anda dapat melakukanya 1-2 kali seminggu.

Anda juga dapat membuat scrub sendiri di rumah. Caranya, ambil 2 sdt minyak kelapa dan campur dengan 2 sdt gula. Oleskan campuran ini ke kulit Anda, pijat sebentar, dan bilas dengan air.

Anda juga dapat mencampur gula dengan minyak pelembap pilihan Anda, seperti jojoba, atau minyak biji anggur, dan menambahkan minyak esensial atau vitamin E.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini