Sukses

9 Cara Menjaga Diri Tetap Aman dari Pandemi

Beberapa hal ini bisa Anda lakukan untuk menjaga diri tetap aman selama masa pandemi

Liputan6.com, Jakarta Selama masa pandemi atau penyebaran penyakit, orang dapat dengan mudah merasa takut dan melakukan tindakan drastis untuk menyelamatkan diri.

Padahal, penting untuk menjaga diri tetap tenang dan tidak panik. Karena hal itu hanya akan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga diri tetap aman selama wabah penyakit. Melansir dari Brightside, ini dia.

1. Menjaga anggota keluarga yang sakit tetap di rumah

Satu orang yang memaksakan diri ke luar rumah saat sakit, bisa menularkan penyakitnya tersebut ke banyak orang. Jika ada anggota keluarga yang menampakkan gejala sakit, jangan biarkan mereka ke luar rumah. Bahkan dalam beberapa kasus seperti dalam kondisi pandemi virus Corona seperti sekarang, orang yang sakit diharuskan untuk mengkarantina diri mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2. Membersihkan benda yang sering digunakan

Tak hanya orang yang sakit harus dilarang untuk keluar rumah, bagi orang yang sehat juga harus menjauhkan diri dari orang-orang yang menunjukkan gejala sakit tertentu. Karena itu, ada baiknya Anda membersihkan secara rutin benda-benda yang sering Anda gunakan dan sentuh. Dengan cara ini, Anda bisa mengurangi risiko terkena penyakit.

 

3 dari 8 halaman

3. Memasak daging dan telur sampai matang

Beberapa makanan bisa mengandung bakteri dan membuat orang sakit. Penularannya bisa lewat memakan makanan tersebut yang kurang matang atau bahkan hanya menyentuhnya.

Beberapa makanan seperti daging, daging unggas, ikan, dan telur harus dimasak sampai matang untuk membunuh bakteri yang terkandung di dalamnya.

 

4 dari 8 halaman

4. Menghindari kontak dengan hewan liar atau hewan ternak

Beberapa jenis hewan bisa membawa penyakit berbahaya. Mereka bisa menularkan penyakit hanya dengan menyentuh, mengonsumsi, atau bahkan berada di area yang sama.

Hewan ternak dan juga hewan liar, berbahaya bagi manusia. Terlebih saat dalam kondisi wabah penyakit. Usahakan menjauhi hewan-hewan tersebut. Jika tak sengaja melakukan kotak, cuci tangan sampai bersih dan desinfeksi benda-benda yang berada di dekat hewan tersebut.

 

5 dari 8 halaman

5. Mencuci handuk dengan sering

Seringkali Anda malas mencuci handuk yang sering digunakan. Padahal, handuk bisa menjadi sarang kuman. Apalagi jika orang sakit menggunakannya. Amat penting mencuci kain dan handuk yang digunakan bersama, bahkan lap tangan sekalipun.

 

6 dari 8 halaman

6. Menjaga tubuh terhidrasi

Saat Anda merasa tak enak badan, tubuh akan menggunakan cairan lebih dari biasanya. Ini akan membuat Anda menjadi dehidrasi tapi disadari. Jaga tubuh agar tetap tercukupi cairannya.

 

7 dari 8 halaman

7. Membeli makanan dan bahan-bahan penting

Jika daerah Anda mengalami wabah, Anda mungkin tidak dapat meninggalkan rumah. Ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan membeli bahan makanan untuk sekitar 2 minggu. Belilah bahan makanan yang tak mudah busuk seperti makanan kaleng, dan lainnya. Lengkapi juga dengan obat-obatan dan produk pembersih. Namun, jangan membeli lebih banyak dari itu secara bersamaan. Ini hanya akan merugikan orang lain yang juga membutuhkannya.

 

8 dari 8 halaman

8. Menggunakan masker dan sering-sering mencuci tangan

Amat penting untuk melindungi diri dengan memakai masker saat keluar rumah. Terlebih di situasi seperti sekarang. Namun, gunakan masker kain agar tenaga medis tidak kesulitan mendapatkan masker medis.

Selain itu, mencuci tangan dengan sering juga bagus untuk mencegah penyebaran penyakit. Tentu saja, harus mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik dengan cara yang benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini