Sukses

Pertama Sejak 10 Tahun, Panda di Kebun Binatang Hong Kong Berhasil Kawin Secara Alami

Setelah 10 tahun, sepasang panda akhirnya berhasil melakukan perkawinan alami selama kebun binatang itu ditutup karena Corona

Liputan6.com, Hong Kong - Panda di Kebun Binatang Ocean Park di Hong Kong berhasil kawin secara alami untuk pertama kalinya. Dalam pernyataannya, proses perkawinan itu terjadi pada pukul 9 pagi waktu setempat, Selasa lalu saat kebun binatang itu ditutup untuk umum sejak akhir Januari akibat virus Corona.

Kedua panda itu bernama Le Le dan Ying Ying. Mereka tiba di Ocean Park pada tahun 2007 dan belum kawin sejak upaya untuk menyatukan pasangan itu dilakukan pada 2010.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Sebelumnya, upaya-upaya yang dilakukan oleh penjaga kebun binatang untuk menghasilkan perkawinan alami tidak pernah membuahkan hasil.

"Upaya perkawinan alami telah dilakukan sejak 2010, sayangnya belum berhasil hingga tahun ini," kata Michael Boos, Direktur Eksekutif Operasi Zoologi dan Konservasi Ocean Park.

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

 Boos menambahkan bahwa proses perkawinan tersebut menimbulkan rasa penasaran semua pihak.

"Proses perkawinan alami yang sukses ini sangat menarik bagi kita semua, karena peluang kehamilan lewat perkawinan alami lebih tinggi ketimbang inseminasi buatan," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Dalam pernyataan pers itu pula disebutkan bahwa Ying Ying telah menghabiskan lebih banyak waktu bermain di air sejak akhir Maret. Di sisi lain, Lele telah meninggalkan tanda aroma di sekitar habitatnya dan mencari aroma Ying Ying di area itu.

Staf kebun binatang kini memantau tubuh Ying Yin dan perubahan perilaku untuk melihat apakah perkawinan alami itu berujung pada kehamilan.

Panda dianggap sebagai spesies yang rentan. Menurut World Wildlife Foundation (WWF), hanya ada 1.864 panda raksasa yang hidup di alam liar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini