Jangan Tidur dengan Perut Lapar, Ini 4 Efek Buruknya

Oleh Sulung Lahitani pada 04 Apr 2020, 18:30 WIB
Diperbarui 04 Apr 2020, 18:30 WIB
20160303-Ilustrasi Insomnia-iStockphoto
Perbesar
Ilustrasi Insomnia atau Susah Tidur (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang berpikir bahwa tidur dengan perut yang lapar bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Tapi penelitian telah membuktikan sebaliknya dan malah menemukan efek buruk dari tidur dengan perut lapar.

Melansir dari Brightside, ini dia sebabnya.

1. Anda bisa kehilangan massa otot

Menurut spesialis gizi, bagi mereka yang tengah berusaha menambah massa otot, kelaparan adalah pilihan yang salah. Anda mungkin melewatkan makan malam, tapi Anda butuh nutrisi untuk mengubah protein menjadi otot.

Ini mungkin baik bagi Anda yang ingin melewatkan acara ngemil di malam hari, tapi jangan membuat tubuh Anda stres. Malahan itu akan menambah rasa kelaparan Anda di malam hari.

 

2 dari 4 halaman

2. Berat badan malah naik

Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Studi yang mempromosikan penurunan berat badan dengan tidak makan sebelum tidur masih kontroversial. Jadi, sisi negatifnya adalah karena Anda melewatkan makan malam, Anda pun merasakan rasa lapar tak tertahankan pada tengah malam.

Dengan kata lain, makanan menjadi dua kali lebih menggoda dan berpotensi membuat Anda menggendut. Pernyataan bahwa metabolisme kita lebih lambat di malam hari adalah pernyataan kontroversial dan tak ada bukti yang mendukungnya.

Akan tetapi, tak berarti Anda harus makan porsi besar sebelum tidur. Sebaliknya, makan 2-3 jam sebelum tidur adalah hal yang diperbolehkan, asalkan itu makanan sehat.

 

3 dari 4 halaman

3. Anda mungkin susah tidur atau tidur tak nyenyak

Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Sebagian besar dari kita mungkin pernah mengalami tidur lapar. Ini merupakan kondisi saat perut Anda keroncongan di malam hari dan yang satu-satunya bisa Anda pikirkan adalah apakah sarapan sudah selesai.

Dalam kondisi ini, butuh lebih banyak waktu untuk tertidur. Jadi jika Anda ingin tidur nyenyak, jangan membuat diri Anda kelaparan di malam hari.

Jika Anda merasa lapar, sebaiknya coba makan timur dan air daripada makan makanan yang berat.

 

4 dari 4 halaman

4. Anda bisa kehilangan energi

Ilustrasi Tubuh Lemas (iStockphoto)
Perbesar
Jangan Sepelekan Rasa Lelah yang Membuat Tubuh Lemas (iStockphoto)

Jika Anda tak makan, Anda tak akan punya bahan bakar untuk membuat Anda tetap aktif di siang hari. Sangat penting untuk merasa baik di pagi hari karena Anda harus bekerja dan otk haruslah aktif.

Para peneliti telah memperhatikan bahwa banyak efek samping kelaparan bisa berbahaya, seperti depresi dan kelelahan.

Lanjutkan Membaca ↓