6 Cara Alami Kurangi Bulu di Tangan dan Kaki Tanpa Rasa Sakit

Oleh Yulia Lisnawati pada 02 Apr 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 02 Apr 2020, 16:00 WIB
Ketahui 6 Fakta Cukur Bulu Tangan Sebelum Melakukannya

Liputan6.com, Jakarta - Bagi segelintir wanita, memiliki bulu berlebih di bagian kaki dan tangan tentu membuat mereka tidak nyaman. Untuk itu, banyak wanita melakukan perawatan secara rutin untuk menghilangkan bulu di tubuhnya dengan melakukan waxing.

Sayangnya, waxing cukup menyakitkan dan bisa meninggalkan bekas ruam di kulit. Namun, ada cara alami yang bisa membantu memperlambat pertumbuhan bulu pada tubuhmu lo.

Penasaran bahan-bahannya apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Kamis (2/4/2020). 

1.   Teh Chamomile

 

teh chamomile
ilustrasi teh chamomile/copyright by Shutterstock

Teh chamomile dikenal karena kualitas dan manfaatnya yang luar biasa untuk kulit. Ini juga bisa membantu menipiskan bulu yang tumbuh di tubuhmu. 

Kamu hanya perlu rebus teh chamomile dalam secangkir air. Saring dan biarkan dingin. Lalu, oleskan teh ke tangan dan kakimu dan biarkan mengering. Setelah itu, cuci bersih dengan air (jangan air hangat).

Lakukan rutin dua kali dalam seminggu. Ini bisa membuat bulu di tangan dan kakimu lebih tipis dari waktu ke waktu.

2 dari 6 halaman

2. Lemon

Lemon bisa membuat lenganmu tampak lebih cerah. Caranya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu peras lemon dan langsung oleskan di tangan dan kakimu. Biarkan selama 15-20 menit, hindari berada di bawah sinar matahari.

Jika kulitmu sensitif, kamu bisa campur madu dengan lemon sebelum dioleskan ke tangan atau kakimu.

3 dari 6 halaman

3. Pepaya-Kunyit

Untuk membuat campuran ini, kamu akan membutuhkan pasta papaya mentah dan bubuk kunyit. Ambil dua sendok makan pasta papaya dan campur dengan ½ sendok makan bubuk kuyit. 

Setelah itu, aduk rata dan oleskan ke tangan atau kakimu selama 15 menit. Untuk hasil yang maksimal, ulangi seminggu sekali.  

4 dari 6 halaman

4. Batu Apung

Batu apung diklaim bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan menjaga kesehatan kulitmu. Tapi, ini juga bisa mengurangi bulu yang tidak kamu inginkan. 

Untuk menggunakan batu ini, kamu perlu merendam tangan dan kakimu dalam air hangat selama 10 menit. Setelah itu, lanjutkan menggunakan batu untuk menggosok tubuhmu.

Gunakan secara rutin untuk menipiskan bulu di tubuhmu.

5 dari 6 halaman

5. Kedelai

Mengkonsumsi produk dari kedelai bisa membantumu mengendalikan pertumbuhan bulu yang tidak diinginkan. Menurut sebuah penelitian, kedelai bisa mengurangi dimensi folikel rambut, sehingga membuat bulu di tubuhmu menipis seiring waktu.

6 dari 6 halaman

6. Tepung Dadih

Campurkan satu sendok teh tepung dan dua sendok makan dadih dalam mangkuk untuk membuat pasta kental. Lalu oleskan pada tangan, kaki atau bahkan wajahmu. Tunggu 10-15 menit sebelum dibilas dengan air.

Dadih dan produk susu lainnya diketahui bisa mengurangi kadar testosteron, mengurangi pertumbuhan bulu tubuh pada wanita.

Kamu juga bisa menambahkan bubuk kuyit ke  dalam campuran. Pasta ini tidak akan benar-benar menghilangkan bulu tubuh sepenuhnya, tapi ini akan membuatnya lebih tipis.

Lanjutkan Membaca ↓