5 Makanan Ini Mampu Turunkan Kadar Kolestrol Jahat di Tubuhmu

Oleh Sulung Lahitani pada 01 Apr 2020, 18:01 WIB
Diperbarui 01 Apr 2020, 18:01 WIB
Ilustrasi Apel

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari 70 juta orang dewasa Amerika memiliki tingkat kolestrol yang tinggi. Ini merujuk pada LDL-kolestrol, tipe kolestrol jahat yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan beberapa makanan dapat membantu mengurangi kolestrol jahat tersebut. Jika Anda mengombinasikannya dengan olahraga, hidup sehat adalah apa yang akan Anda peroleh.

Melansir dari Today.com, berikut ini makanan-makanan tersebut.

1. Apel

Terdengar klise, tapi kenyataannya sebuah apel sehari benar-benar bisa menjauhkan Anda dari dokter. Buah ini merupakan pembangkit nutrisi dan memiliki kemampuan penurun kolestrol yang spesifik.

Sebagian besar dikarenakan kandungan pektin yang dimiliki oleh apel. Ini merupakan sejenis karbohidrat yang tak dapat kita cerna. Pektin dapat mengikat kolestrol dan membantu membawanya keluar dari tubuh, mencegahnya terserap ke dalam aliran darah, dan menyumbat pembuluh darah kita.

 

2 dari 5 halaman

2. Lentil

Kacang dan lentil
Ilustrasi Makanan yang Mengandung Kalsium (sumber: iStockphoto)

Lentil memiliki kandungan serat yang tinggi. Satu cangkir lentil mengandung 18 gram protein dan 16 gram serat. Itu artinya, Anda mendapatkan serat yang sangat besar dan mengganti makanan yang sering mengandung lemak jenuh.

Ada banyak cara memasak lentil. Anda bisa memasaknya dengan menjadikannya salad, sebagai lauk, atau menjadikannya sup. Terlebih jenisnya pun beragam sehingga Anda bisa mengonsumsinya dengan bervariasi.

 

3 dari 5 halaman

3. Alpukat

alpukat
ilustrasi buah/copyright rawpixel

Buah yang satu ini dapat membantu menormalkan jumlah kolestrol yang tinggi. Itu karena alpukat mengandung serat dan lemak tak jenuh tunggal yang membantu meningkatkan kolestrol baik dan menurunkan kolestrol jahat.

Yang menyenangkan dari mengonsumsi alpukat adalah Anda bisa mengolahnya menjadi apapun. Anda bisa menjadikannya saus, makanan penutup, selai, atau dikonsumsi bersama healthy bowl Anda.

 

4 dari 5 halaman

4. Oatmeal

kolesterol
ilustrasi oatmeal/Photo by Dani Rendina on Unsplash

Ini merupakan makanan yang biasa dikonsumsi sebagai sarapan sehat. Serat larutnya mampu membentuk gel yang berikatan dengan kolestrol, mencegah tubuh menyerap kolestrol tersebut.

Oatmeal bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Cukup diberi susu dan buah, atau diolah menjadi late night oatmeal juga bisa.

 

5 dari 5 halaman

5. Biji Chia

Ketahui Manfaat Biji Chia untuk Kecantikan
Biji chia atau selasih selain menjadi penyegar dalam minuman atau makanan juga mempunyai manfaat lain untuk kecantikan. (Foto: iStockphoto)

Banyak yang menyebut biji ini sebagai taburan nutrisi pada makanan karena kemampuannya meningkatkan kadar sehat dari setiap makanan. Biji chia mengandung serat larut yang dapat bertindak seperti magnet kolestrol, membantu membawanya keluar dari tubuh. Biji chia juga mengandung lemak omega-3 yang telah terbukti membantu mengurangi trigliserida berbahaya.

Lanjutkan Membaca ↓