5 Manfaat Konsumsi Campuran Jahe dan Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Oleh Yulia Lisnawati pada 29 Mar 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 29 Mar 2020, 10:00 WIB
Wedang Jahe

Liputan6.com, Jakarta - Jahe menjadi salah satu rempah yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sifat anti-inflamasi dan anti-lambung yang ada dalam jahe bisa membantu meningkatkan pencernaan.

 

Selain itu, jahe juga dikenal dengan efek termogeniknya yang membantu mengaktifkan metabolismemu, yang nantinya akan menjadi pembakar lemak yang kuat.

Vitamin C dalam jeruk nipis berubah menjadi antioksidan berharga yang mendorong pembuangan limbah dari tubuhmu, memerangi retensi cairan, membantu detoksifikasi tubuh dan memainkan peran penting dalam mengurangi pembengkakan perutmu

Jadi, ketika kamu menggunakan campuran jahe dan perasan jeruk nipis, kamu bisa mendapatkan segudang manfaat kesehatan tubuh.

Nah, penasaan apa saja manfaat konsumsi campuran jahe dan perasan jeruk nipis? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Minggu (29/3/2020).

1. Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh

 

olahraga di rumah
ilustrasi olahraga di rumah/copryight by TORWAISTUDIO (Shutetrstock)

Mengkonsumsi campuran jahe dan jeruk nipis memiliki sejumlah besar unsur yang membuat sistem kekebalan tubuhmu lebih kuat.

Untuk itu, campuran jahe dan jeruk nipis bisa melindungimu dari masalah pernapasan, pilek, infeksi, kehilangan suara dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

2 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Pencernaamu

 

Kombinasi jahe dan jeruk nipis bisa melawan semua jenis masalah pencernaan, seperti pergerakan usus yang lambat, gangguan pencernaan, retensi cairan, dan lainnya. 

Dengan demikian, untuk meningkatkan pencernaanmu, kamu perlu rutin mengkonsumsi campuran ini.

3 dari 6 halaman

3. Baik untuk Kulit

Jika kamu ingin melembabkan kulitmu dengan cara alami, kamu harus memasukkan dua bahan ini dalam makanan keseharianmu.

Jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C, sedangkan jahe memiliki sifat kesehatannya sendiri. Untuk itu, jika dua bahan tersebut dicampurkan, itu akan membuat kulitmu awet muda, lembab dan sehat.

 

4 dari 6 halaman

4. Bantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat air jeruk nipis dan jahe yakni bisa membantu mengurangi kalori yang tidak diinginkan. Kedua bahan ini memiliki kemampuan yang bisa membakar lemak tubuh dan juga bantu melancarkan BAB (buang air besar).

Kedua bahan tersebut diklaim sebagai cara yang efektif untuk menurunkan berat badan secara alami.

5 dari 6 halaman

5. Membersihkan Darah

 

Air jeruk nipis dan jahe mengandung zat pembersih yang membantu membuang racun yang tidak diinginkan dari darahmu. Untuk itu, campuran tersebut sangat cocok untuk membersihkan darahmu secara alami.

Pastikan untuk memasukkan kedua bahan ini dalam makanan sehari-harimu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan melawan kolesterol jahat.

6 dari 6 halaman

Cara Mengolahnya

Untuk membuat minuman dengan jahe dan jeruk nipis, hal pertama yang perlu kamu lakukan yakni rebus satu gelas air. Lalu masukkan jahe ke dalam air tersebut, tutup dan biarkan selama lima menit, sehingga air menyerap nutrisi jahe dengan baik.

Setelah itu, lepaskan penutupnya dan tambahkan perasan jeruk nipis ke dalamnya. Akan lebih baik jika kamu mengkonsumsi minuman ini sebelum sarapan. 

Selain disajikan sebagai minuman, dua bahan ini juga ditambahkan dalam menu makananmu. 

Jika kamu tengah melakukan diet, jahe dan jeruk nipis bisa ditambahkan dalam salad-mu. Pertama-tama, kupas jahe lalu diparut dan tambahkan perasan jeruk nipis. Gunakan campuran tersebut sebagai dressing atau saus untuk salad-mu.

Lanjutkan Membaca ↓