Pakai Lensa Kontak Lebih Berisiko Terkena Virus Corona, Ini Penjelasan Ahli

Oleh Camelia pada 28 Mar 2020, 10:01 WIB
Diperbarui 28 Mar 2020, 10:01 WIB
20151023-Ilustrasi Kontak Lensa

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang yang memiliki masalah penglihatan lebih memilih menggunakan lensa kontak dibanding kacamata. Pasalnya dengan menggunakan lensa kontak orang merasa lebih percaya diri dan bebas beraktivitas dibandingkan saat menggunakan kacamata.

Namun di tengah mewabahnya virus Corona saat ini ada baiknya kalian pengguna lensa kontak menggantinya dengan kacamata untuk sementara.

Dikutip dari CNN, seorang ahli menyarankan penggun lensa kontak untuk menggantinya dengan kacamata sementara waktu. Pasalnya dengan menggunakan lensa kontak seseorang akan lebih berisiko terinfeksi virus Corona dibandingkan dengan mereka yang menggunakan kacamata.

Dr. Thomas Steinemann dari American Academy of Ophthalmology mengatakan dengan menggunakan lensa kontak seseorang akan lebih sering memegang wajah hingga matanya. Hal ini membuat mereka lebih rentan terinfeksi virus Corona Covid-19 dibandingkan dengan mereka yang mengenakan kacamata.

2 dari 3 halaman

Lebih sering menyentuh wajah dan mata

Ilustrasi lensa kontak
Ilustrasi lensa kontak (Foto: Shutterstock)

Dr. Steinemann juga menambahkan mengenakan kacamata juga bisa melindungi mata dari partikel-partikel yang terbawa di udara. Terlebih lagi ketika mengenakan lensa kontak seseorang akan lebih mudah mengucek mata atau menyentuh daerah mata dibandingkan mereka yang mengenakan kacamata. Hal tersebut sangat berbahaya jika tangan orang tersebut dalam keadaan kotor.

"Mata sangat lembab dan bagus serta ramah untuk virus, pada kenyataannya ada banyak organisme yang dapat menempel dengan sangat mudah pada konjungtiva (bagian putih pada mata) Anda, atau dalam hal ini, menempel pada lensa kontak yang juga bertumpu pada konjungtiva Anda," katanya.

3 dari 3 halaman

Jaga kebersihan tangan

mencuci tangan
ilustrasi mencuci tangan/copyright by New Africa (Shutterstock)

Di samping itu, Dr. Steinemann mengimbau orang-orang untuk terus menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya secara rutin atau menggunakan hand sanitizer ketika tak dapat menemukan sabun dan air.

Dirinya juga mengingatkan untuk jangan menyentuh wajah atau mengucek mata sembarangan di saat ini. Terlebih bagi mereka yang tetap memutuskan untuk mengenakan lensa kontak.

Lanjutkan Membaca ↓