Sukses

Bosan Berdiam di Rumah, 5 Jenis Sayuran Ini Bisa Kamu Tanam dengan Mudah

Ketimbang bingung harus ngapain selama berdiam di rumah, mending cobain menanam sayuran-sayuran ini

Liputan6.com, Jakarta - Dengan adanya anjuran untuk berdiam di rumah selama pandemi virus Corona, Anda pasti memiliki banyak waktu luang yang membuat Anda bosan. Anda bisa memanfaatkan waktu luang tersebut untuk mencoba hal-hal baru, seperti menanam sendiri sayuran di rumah.

Dengan hanya beberapa potongan sayuran yang sudah Anda miliki dan beberapa trik, Anda dapat mengubah ruang tamu bahkan pinggir jendela Anda menjadi lahan pertanian mini.

Tambahan lagi, ini akan memberi Anda sesuatu yang harus diperiksa setiap hari. Cukup sebagai cara untuk menghabiskan waktu secara produktif bagi Anda yang terpaksa hanya berdiam di rumah.

Melansir dari Inverse, berikut ini 5 sayuran yang bisa Anda coba tanam sendiri di rumah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bawang putih

Mendapatkan bawang putih dari potongannya semudah Anda membelinya langsung. Jika Anda memiliki taman, Anda bisa langsung menanamnya. Dan jika tidak, Anda hanya butuh pot dan tanah.

Cukup tanam satu siung bawang putih yang belum dikupas di tanah, kira-kira sedalam ibu jari Anda. Pastikan bagian bawah potongannya yang rata menghadap ke bawah karena di situlah akarnya akan tumbuh.

Jika Anda menanam bawang putih di dalam ruangan, letakkan pot di ambang jendela atau area lain yang mendapat banyak cahaya. Dalam 7-10 hari Anda akan melihat bawang putih baru tumbuh dari potongan tersebut.

 

3 dari 6 halaman

2. Kentang

Saat Anda melihat 'mata' kentang baru tumbuh di kentang yang Anda simpan, tak berarti Anda harus membuang seluruhnya. Malahan, Anda dapat memotong bagian itu dan menanamnya di tanah atau pot dengan banyak ruang agar kentang baru tumbuh.

Dari potongan tersebut, tunas hijau baru akan muncul dari tanah dalam waktu sekitar dua minggu. Tunas-tunas itu akan menjadi tanaman seperti semak dan dalam beberapa bulan, kentang baru akan mulai tumbuh di dalam tanahnya.

 

4 dari 6 halaman

3. Bawang merah

Mirip dengan kentang, penanaman bawang merah paling mudah dilakukan setelah bawang Anda mulai menumbuhkan tunasnya sendiri yakni berupa tonjolan hijau yang menyembu dari atas bawang.

Setelah itu terjadi, lakukan beberapa potongan kecil pada bawang untuk membuat kecambah tumbuh darinya. Setelah itu, mereka akan menumbuhkan bawang baru.

Untuk melakukannya, Anda cukup memotong lapisan luar bawang. Pisahkan tunas hijau tersebut dan Anda bisa menanamnya kembali di tanah. Anda bisa melakukan hal yang sama pada bawang hijau dan daun bawang.

 

5 dari 6 halaman

4. Seledri

Menumbuhkan seledri dari batang tunggal hampir tanpa usaha. Bahkan, siapapun yang tak bisa bercocok tanam, pasti bisa menanam seledri.

Yang perlu Anda lakukan adalah memotong bagian bawah seikat seledri dan menempatkannya di dalam tempat dengan air. Dalam beberapa hari, akan tumbuh daun baru.

 

6 dari 6 halaman

5. Selada

Untuk menanamnya, Anda cukup melakukan metode yang sama dengan seledri. Potong bagian bawah kepala selada dan mulailah dengan menempatkannya di wadah penuh air.

Setelah terlihat akarnya, baru Anda dapat memindahkannya ke tanah. Waktunya pun tak lama untuk mendapatkan selada baru, hanya 10-12 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini