7 Khasiat Minum Air Lemon Pagi Hari, Perhatikan Risikonya

Oleh Yulia Lisnawati pada 26 Mar 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 10:00 WIB
4 Fakta yang Salah tentang Air Lemon

Liputan6.com, Jakarta - Memulai hari dengan segelas air lemon bisa memberikan keajaiban bagi kesehatan dan kebugaranmu secara keseluruhan.

Lemon yang memiliki kandungan vitamin C, potassium, serat, kalium, vitamin B6, zat besi dan magnesium bisa mempercepat metabolisme tubuhmu dan membantu menurunkan berat badan.

Jika kamu tertarik membuatnya, kamu bisa memeras lemon dan dicampur dengan air. Agar tidak terlalu asam, kamu bisa menambahkan daun mint atau madu. Nikmati air lemon baik panas atau dingin.

Nah, penasaran apa saja manfaat minum air lemon tiap pagi? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Rabu (25/3/2020). 

1. Mencegah Batu Ginjal 

 

Penanganan Batu Ginjal
Penanganan Batu Ginjal

Batu ginjal berasal dari kalsium oksalat yang terbentuk di dalam ginjal. Sitrat, senyawa yang ditemukan dalam lemon diduga mencegah kalsium dari ikatan dengan senyawa lain dan membentuk batu. 

Air lemon mengandung sitrat dalam jumlah tinggi yang bisa membantu mengobati batu ginjal.

2 dari 8 halaman

2. Meningkatkan Kekebalan

Air lemon mengandung antioksidan seperti vitamin C yang melindungi sel dari kerusakan

Flavonoid yang terdapat dalam lemon dikenal untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi stress oksidatif dan kerusakan.

3 dari 8 halaman

3. Menurunkan Berat Badan

Air lemon rendah kalori dan bisa membantu orang yang sedang menurunkan berat badan.

Minum air lemin di pagi hari dengan perut kosong bisa membuat kenyang dan meningkatkan metabolisme tubuh, yang mempercepat penurunan berat badan.

4 dari 8 halaman

4. Membantu Pencernaan

Minum air lemon hangat di pagi hari membantu memulai sistem pencernaanmu, memungkinkanmu untuk mencerna makanan lebih mudah dan mencegah penumpuan racun.

Selain itu, air lemon berfungsi sebagai pencahar yang bisa membantu mencegah sembelit.

5 dari 8 halaman

5. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Vitamin C (asam askorbat) dalam lemon bisa mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut. Minum air lemon akan mengurangi bakteri di mulut dan membantu menjaga mulut tetap segar. 

Ini juga akan merangsang air liurmu dan membantu mencegah terjadinya mulut kering yang bisa menyebabkan bau mulut.

6 dari 8 halaman

6. Menambah Energi

Lemon mengandung jumlah kalium baik yang penting untuk berfungsinya sel dan metabolisme.

Kalium adalah elektrolit yang memberi energi pada tubuhmu, membantu komunikasi saraf-otot dan membantu fungsi otot-otot.

7 dari 8 halaman

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Vitamin C yang terkandung dalam lemon bermanfaat bagi kulitmu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan vitamin C dikaitkan dnegan lebih sedikit kerutan. Itu juga bisa melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin C juga berkontribusi pada sintesis kolagen, yang membantu membentuk jaringan ikat di bawah kulit. Selain itu, vitamin C juga mmbantu penyerapan zat besi yang lebih baik, mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

8 dari 8 halaman

Risiko Jika Berlebihan Minum Air Lemon

  • Meningikis Enamel Gigi

Namun, minum air lemon berlebihan bisa mengikis enamel gigimu dari waktu ke waktu, yang membuat gigimu lebih rentan terhadap gigi berlubang karena lemon mengandung asam sitrat.

  • Menyebabkan Perut Mulas

Bagi sebagian individu, meminum air lemon memicu perut mulas. Bahkan, ada pula individu yang mengalami mulas berlebih ketika mengkonsumsi lemon di pagi hari. Jadi, cobalah makan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi lemon.

Untuk membatasi risiko, minumlah dengan sedotan atau bilas mulutmu sesudah minum air lemon.

Lanjutkan Membaca ↓