UN 2020 Dihapus karena Pandemi Covid-19, Warganet: Diganti Ujian Hidup

Oleh Yulia Lisnawati pada 24 Mar 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 24 Mar 2020, 16:00 WIB
UNBK SMK 2019

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan untuk membatalkan Ujian Nasional atau UN 2020, untuk seluruh jenjang Pendidikan dari tingkat dasar, hingga menengah atas.

Keputusan tersebut sebagai bagian dari sistem respons pandemi Covid-19, yang salah satunya adalah pengutamaan keselamatan kesehatan rakyat. Seperti yang telah disampaikan bahwa sistem respons Covid-19 harus menyelamatkan kesehatan rakyat, daya tahan sosial dan dunia usaha.

"Peniadaan UN menjadi penerapan kebijakan social distancing (pembatasan sosial) untuk memotong rantai penyebaran Virus Corona SARS 2 atau Covid-19," kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman kepada wartawan, Selasa (24/3/2020).

Mendikbud Nadiem Makarim pun menanggapi keputusan untuk menghapus UN 2020. Menurutnya keputusan tersebut demi melindungi keamanan dan kesehatan para siswa.

"Prinsip dasar Kemendikbud adalah keamanan dan kesehatan siswa-siswi kita dan keamanan keluarga siswa-siswi itu kalau melakukan UN di dalam tempat-tempat pengujian bisa menimbulkan risiko kesehatan," kata Mendikbud Nadiem melalui video kompres, Selasa (23/3/2020).

2 dari 3 halaman

Respons Warganet

Keputusan Presiden Jokowi dan Mendikbud Nadiem menghapus Ujian Nasional 2020, pun membuat publik, khususnya para pengguna jejaring sosial terkejut.

Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, di lini masa Twitter, banyak warganet menanggapi keputusan itu dengan berbagai respons. Banyak yang merasa senang dan sedih. Namun, ada pula warganet yang menanggapinya dengan guyonan.

Berikut beberapa respons warganet menanggapi Ujian Nasional 2020 dihapus karena pandemi Covid-19.

"Ujian nasional diganti ujian hidup," komentar akun @___icaalndr.

"Gara gara Covid 19, Ujian Nasional SD, SMP, SMA dibatalkan. Terus kemarin yang minta putus dengan alesan; "aku mau fokus UN dulu." gimana ya? Bakal balikan ngga?" kata akun @plesbol_.

"Ujian nasional ditiadakan tp ujian hidup tetap menerjang," tulis akun @creamylatae.

"Berarti ujian nasional terakhir pas smp dong itupun make keetas wkwkwwk sedih gapernah unbk," sahut akun @ddalkiugyu.

3 dari 3 halaman

Trending Topic

Saking banyaknya warganet yang menanggapi keputusan Ujian Nasional 2020 dihapus, perbincangan tersebut pun menjadi topik yang paling ramai dibahas di Twitter.

Tak lupa, warganet juga meramaikan twit-twitnya degan menggunakan tagar #UNBK dan #UN2020. Tagar tersebut bahkan berada di 10 besar jajaran trending topic di kawasan Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓