Sukses

Dikarantina Malah Pergi Joging, Wanita Ini Diusir dari China

Karena tidak mematuhi aturan untuk berdiam di rumah, wanita ini akhirnya dideportasi

Liputan6.com, Beijing - Seorang wanita Australia yang baru saja tiba di Beijing dipecat dan akan dideportasi setelah melanggar aturan karantina yang dibuat untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Menurut Shanghaiist, wanita yang diidentifikasi dengan nama keluarga sebagai Liang itu adalah eksekutif di sebuah perusahaan farmasi terkenal Jerman, Bayer yang baru saja kembali ke China pada 14 Maret 2020.

Sehari kemudian, dia dilaporkan melanggar aturan wajib karantina dan pergi joging. Di sana, dia dihadang oleh petugas keamanan lingkungan yang mengatakan kepadanya bahwa dia seharusnya tak meninggalkan rumahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

Bukannya mematuhi larangan tersebut, Liang malah bersikeras dan mengatakan dia harus tetap sehat. Liang juga menolak ketika petugas keamanan memintanya memakai masker.

Namun, konfrontasi meningkat dan wanita itu malah mulai berteriak "Tolong" dan "Aku dianiaya" ketika petugas itu menjauhi dirinya. Situasi baru terkendali setelah polisi datang untuk turun tangan di mana Liang akhirnya setuju untuk kembali ke apartemennya.

 

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

Tak butuh waktu lama, setelah video perlawanan itu viral di media sosial China, Bayer mengumumkan di Weibo bahwa Liang telah dipecat dari posisinya. Perusahaan itu menambahkan bahwa pihaknya sepenuhnya mendukung upaya pemerintah China untuk mengendalikan penyebaran virus Corona. Perusahaan itu juga meminta semua karyawan untuk mematuhi peraturan.

 

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

Biro Keamanan Publik Beijing kemudian mengumumkan bahwa mereka akan mencabut izin tinggal Liang dan memintanya untuk meninggalkan negara itu pada tanggal yang tak disebutkan. Beijing telah membuat beberapa perubahan dalam peraturan karantina setelah insiden itu.

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Mereka yang datang ke Beijing kini diharuskan ditempatkan di bawah karantina terpusat yang awalnya hanya diminta untuk mengkarantina diri sendiri di rumah. Sementara itu, petugas keamanan mengatakan kepada wartawan bahwa mereka belum melihat Liang meninggalkan apartemennya setelah insiden itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini