Konsumsi Jahe Secara Rutin, 6 Manfaat Kesehatan Ini Akan Didapat Tubuhmu

Oleh Yulia Lisnawati pada 21 Mar 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 21 Mar 2020, 10:00 WIB
Jahe

Liputan6.com, Jakarta - Jahe menjadi salah satu rempah yang dikenal karena aromanya yang kuat dan pedas. Selain menjadi bumbu dapur, jahe juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Jahe yang memiliki kandungan anti-inflasi analgesic dan anti-emetik serta kaya antioksidan ini bisa membantu peradangan dan pembekakan karena kemampuannya untuk menghambat sintesis prostaglandin dan leukotriene.

Selain itu, jahe bisa meningkatkan nafsu makan, meningkatkan produksi air liur dan cairan pencernaan lainnya, memperbaiki kondisi pernapasan, mengurangi kelebihan gas dan menghilangkan nyeri radang sendi.

Namun, ada manfaat lainnya jika kamu rutin mengkonsumsi jahe? Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir Boldsky, Sabtu (21/3/2020).

2 dari 8 halaman

1. Pencernaan

Selain Sakit Perut, Ini Tanda Pencernaan Anda Bermasalah (Monthira/Shutterstock)
Selain Sakit Perut, Ini Tanda Pencernaan Anda Bermasalah (Monthira/Shutterstock)

 

Jahe membantu mengatur kadar gula tinggi, yang mengganggu pencernaan, dan menenangkan perut. Dengan demikian, membantunya mempertahankan ritme teraturnya. 

Senyawa yang terkandung dalam jahe membantu penyerapan nutrisi dan mineral dari makanan yang kita makan.

3 dari 8 halaman

2. Mencegah Kanker

 

 

Akar jahe mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang memiliki kemampuan untuk menginduksi kematian sel. Ini menekan produksi protein tertentu.

Menambahkan jahe ke dalam diet harianmu adalah cara terbaik untuk mencegah kanker.  

4 dari 8 halaman

3. Flu

Jahe dikenal untuk memerangi penyakit dan menyembuhkan infeksi. Efek jahe yang yang menenangkan mengurangi respons gejala darurat tubuh terhadap kerusakan sel dalam tubuh.

5 dari 8 halaman

4. Kram Menstruasi

 

Kram menstruasi menjadi masalah umum yang dialami banyak wanita. Jahe bisa mengurangi tingkat prostaglandin dalam tubuh dengan menghilangkan kram. 

Jahe juga bisa membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan kram menstruasi.

6 dari 8 halaman

5. Mual

 

Penelitian telah menyimpulkan bahwa jahe membantu menyembuhkan mual yang berhubungan dengan kehamilan, mabuk perjalanan dan kemoterapi. 

Penyerapannya yang cepat dan pengaturan yang cepat dalam tubuh bisa menyembuhkan mual tanpa efek samping.

7 dari 8 halaman

6. Diare

 

Sejak dulu jahe telah digunakan untuk menyembuhkan diare. Jahe bisa mencegah kejang perut dan gas yang berkontribusi dan merangsang diare. Dengan demikian, jahe sangat bermanfaat dalam mengobati diare.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait