6 Bahan Makanan Ini Harus Anda Cuci Sebelum Digunakan

Oleh Sulung Lahitani pada 19 Mar 2020, 17:34 WIB
Diperbarui 19 Mar 2020, 17:34 WIB
Rimpang Rempah

Liputan6.com, Jakarta Beberapa makanan perlu dicuci karena mengandung kotoran. Anda tentu tak ingin bakteri menyebar ke bagian lair dapur Anda bila tak mencucinya. Berikut ini bahan makanan yang harus dicuci sebelum dikonsumsi seperti dilansir dari Mashed.com.

1. Rempah-rempah

Apakah Anda membeli rempah-rempah atau mengambilnya dari kebun, penting untuk mencucinya tak hanya sebelum digunakan, tapi juga ketika akan dimasukkan ke kulkas. Ini dapat mengandung kotoran dan tanah yang tak Anda inginkan.

Bundel kecil dapat dicuci dengan cara dibilas di bawah air dingin yang mengalir. Untuk bungkusan yang lebih besar, isi bak cuci dengan air dingin, masukkan bumbu dapur Anda dan aduk dengan tangan untuk mengendurkan kotoran yang tersembunyi di dedaunan.

 

2 dari 6 halaman

2. Kerang dan tiram

kerang dara
ilustrasi kerang dara/copyright Shutterstock

Kerang, tiram, dan seafood lain yang bercangkang perlu dicuci karena bisa mengandung pasir. Ada panduan super mudah agar Anda tak merasakan lagi pasir di kerang. Sebelum dimasukkan ke dalam panci, bilas sampai bersih di bawah air mengalir.

Kemudian masukkan ke dalam panci berisi air dingin, tambahkan sedikit garam, dan masukkan ke dalam kulkas selama setengah jam. Aduk beberapa kali dan setelah setengah jam, ambil kerang tersebut. Anda akan menemukan pasir mengendap di bagian dasar panci.

 

3 dari 6 halaman

3. Makanan kaleng

makanan kaleng
ilustrasi makanan kaleng/copyright Shutterstock

Makanan kaleng bisa menjadi sangat kotor sejak mereka diproduksi sampai mencapai tempat Anda. Kaleng-kaleng ini harus dicuci bersih dan dikeringkan sebelum digunakan untuk mencegah partikel-partikel kotor dari tutupnya mencemari isinya.

 

4 dari 6 halaman

4. Minuman kaleng

Kuku Dijadikan Alat Bantu
Membuka Penutup Kaleng Minuman / Sumber: Reader's Digest

Bagian atas minuman kaleng sering tertutup debu, bakteri, dan kotoran-kotoran lain yang tak Anda ketahui. Cucilah sebelum Anda meneguknya langsung dari kaleng. Jika tak dapat mencuci kalengnya, paling tidak seka tutupnya menggunakan tisu basah dan tuangkan isinya ke gelas.

 

5 dari 6 halaman

5. Beras

Beras
Ilustrasi Beras (Istimewa)

Ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan tak mencuci beras saat akan dimasak. Padahal itu merupakan kebiasaan yang buruk. Mencuci beras dapat membantu menghilangkan beras dari bakteri, biji-bijian yang membuat nasi terasa tak enak. Biasakan mencuci beras dua sampai tiga kali sebelum dimasak.

 

6 dari 6 halaman

6. Sayur dan buah

Sayuran hijau dan Buah
Sayuran hijau dan Buah (sumber: iStockphoto)

Sayur dan buah harus dicuci dengan air mengalir sebelum digunakan untuk menghilangkan bakteri dan kotoran. Hindari menggunakan sabun karena dapat menyerap ke dalam kulit buah dan sayur.

Lanjutkan Membaca ↓