Sukses

6 Bahan Makanan Ini Harus Anda Cuci Sebelum Digunakan

Bila tidak dicuci, dikhawatirkan dapur Anda akan tercemar bakteri

Liputan6.com, Jakarta Beberapa makanan perlu dicuci karena mengandung kotoran. Anda tentu tak ingin bakteri menyebar ke bagian lair dapur Anda bila tak mencucinya. Berikut ini bahan makanan yang harus dicuci sebelum dikonsumsi seperti dilansir dari Mashed.com.

1. Rempah-rempah

Apakah Anda membeli rempah-rempah atau mengambilnya dari kebun, penting untuk mencucinya tak hanya sebelum digunakan, tapi juga ketika akan dimasukkan ke kulkas. Ini dapat mengandung kotoran dan tanah yang tak Anda inginkan.

Bundel kecil dapat dicuci dengan cara dibilas di bawah air dingin yang mengalir. Untuk bungkusan yang lebih besar, isi bak cuci dengan air dingin, masukkan bumbu dapur Anda dan aduk dengan tangan untuk mengendurkan kotoran yang tersembunyi di dedaunan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Kerang dan tiram

Kerang, tiram, dan seafood lain yang bercangkang perlu dicuci karena bisa mengandung pasir. Ada panduan super mudah agar Anda tak merasakan lagi pasir di kerang. Sebelum dimasukkan ke dalam panci, bilas sampai bersih di bawah air mengalir.

Kemudian masukkan ke dalam panci berisi air dingin, tambahkan sedikit garam, dan masukkan ke dalam kulkas selama setengah jam. Aduk beberapa kali dan setelah setengah jam, ambil kerang tersebut. Anda akan menemukan pasir mengendap di bagian dasar panci.

 

3 dari 6 halaman

3. Makanan kaleng

Makanan kaleng bisa menjadi sangat kotor sejak mereka diproduksi sampai mencapai tempat Anda. Kaleng-kaleng ini harus dicuci bersih dan dikeringkan sebelum digunakan untuk mencegah partikel-partikel kotor dari tutupnya mencemari isinya.

 

4 dari 6 halaman

4. Minuman kaleng

Bagian atas minuman kaleng sering tertutup debu, bakteri, dan kotoran-kotoran lain yang tak Anda ketahui. Cucilah sebelum Anda meneguknya langsung dari kaleng. Jika tak dapat mencuci kalengnya, paling tidak seka tutupnya menggunakan tisu basah dan tuangkan isinya ke gelas.

 

5 dari 6 halaman

5. Beras

Ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan tak mencuci beras saat akan dimasak. Padahal itu merupakan kebiasaan yang buruk. Mencuci beras dapat membantu menghilangkan beras dari bakteri, biji-bijian yang membuat nasi terasa tak enak. Biasakan mencuci beras dua sampai tiga kali sebelum dimasak.

 

6 dari 6 halaman

6. Sayur dan buah

Sayur dan buah harus dicuci dengan air mengalir sebelum digunakan untuk menghilangkan bakteri dan kotoran. Hindari menggunakan sabun karena dapat menyerap ke dalam kulit buah dan sayur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini