Kerap Disepelekan, 3 Produk Pembersih Kuman ini Wajib Ada di Rumah Kalian

Oleh Camelia pada 19 Mar 2020, 18:43 WIB
Diperbarui 20 Mar 2020, 09:25 WIB
Ilustrasi bersih-bersih rumah

Liputan6.com, Jakarta Mewabahnya pandemi virus Corona Covid-19 nampaknya membuat kita harus ekstra menjaga kebersihan. Tak hanya kebersihan tubuh, kebersihan rumah juga tak kalah penting.

Hal ini membuat kita harus rajin membersihkan setiap sudut rumah guna mengantisipasi diri dari kuman. Dikutip dari apartmenttherapy seorang profesor London School of Hygiene and Tropical Medicine bernama Sally Bloomfield, membagikan beberapa produk pembersih penting yang harus ada di rumah. Berikut ulasannya:

Sabun cair

20160722
Sabun cair untuk cuci piring yang ampuh melunturkan lemak di peralatan makanan Anda ternyata punya manfaat lain.

Ada baiknya kalian menghindari penggunaan sabun batang dan beralih ke sabun cair. Hal ini lantaran sabun batang justru bisa menjadi sarang kuman dan dengan mudah membuat kuman berpindah ke tangan atau tubuh seseorang. Makanya kalian lebih baik menggunakan sabun cair, baik untuk mandi maupun cuci tangan.

"Selalu sediakan sabun cuci tangan, di tempat yang mudah diakses. Terutama di dekat kran. Biasakan untuk selalu cuci tangan setelah sampai di rumah dengan air mengalir," ungkap Sally.

2 dari 4 halaman

Semprotan antibakteri

Ilustrasi Membersihkan Rumah
Ilustrasi membersihkan rumah. (dok. The Honest Company/Unsplash/Adhita Diansyavira)

Untuk permukaan yang bersentuhan langsung dengan makanan seperti meja makan, piring, dan sendok garpu, Sally merekomendasikan untuk menggunakan cairan yang mengandung antimikroba dan kemudian membilasnya dengan air bersih.

"Bisa juga gunakan semprotan disinfektan yang bisa membunuh kuman. Setelah itu bilas lagi permukaan dengan tisu yang telah dibasahi. Setelah kering, baru kemudian bisa digunakan," ujar Sally.

3 dari 4 halaman

Tisu sekali pakai

Benarkah Mengeringkan Tangan dengan Tisu Lebih Baik?
Benarkah Mengeringkan Tangan dengan Tisu Lebih Baik?

Jika tujuan utama adalah untuk mencegah penyebaran kuman maka pembersih yang direkomendasikan adalah tisu pembersih sekali pakai. Lap microfiber memang sangat baik untuk membersihkan permukaan berdebu.

Lebih baik gunakan lap tisu ini ini karena lebih steril dibandingkan dengan lap bahan. Menggunakan lap bahan yang berkali-kali, terutama jika kondisinya lembab malah justru akan jadi sarang kuman untuk berkembang biang.

"Ketika membersihkan permukaan dengan lap kain, mikroba pergi ke lap tersebut dan kemudian menyebar ke permukaan berikutnya dibersihkan," kata Sally.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Driver Ojol Hebohkan Warga Dikira Pingsan di Pinggir Jalan, Ternyata...