Ajarkan Betapa Pentingnya Mencuci Tangan, Cara Unik Guru TK Ini Viral

Oleh Camelia pada 16 Mar 2020, 10:01 WIB
Diperbarui 16 Mar 2020, 10:01 WIB
Pentingnya cuci tangan

Liputan6.com, Jakarta Risiko penularan virus Corona Covid-19 dikatakan bisa dicegah dengan rutin mencuci tangan. Tak heran banyak orang yang kini melakukan hal sederhana tersebut sesering mungkin.

Mencuci tangan akan lebih efektif jika menggunakan sabun dan dibilas dengan air mengalir. Hal ini tentu sudah dipahami betul orang dewasa, namun berbeda dengan anak-anak.

Tentu bukanlah hal yang mudah untuk mengajarkan pentingnya mencuci tangan dengan sabun kepada mereka. Terlebih lagi bagi anak-anak yang masih kerap bermain di luar rumah.

Tapi seorang guru TK di Miami, Amerika Serikat, bernama Amanda Lorenzo punya cara sendiri untuk menjelaskan betapa pentingnya mencuci tangan dengan sabun kepada anak didiknya. Melalui akun instagram miliknya @mandysmunchkins_, dia mengunggah video yang lantas menjadi viral.

Dalam video itu awalnya dia menaburkan lada hitam di atas air yang diletakkan dalam sebuah wadah. Lada hitam itu dia gambarkan sebagai "virus". Amanda lantas meminta seorang anak mencelupkan jari telunjuknya ke dalam wadah tersebut. “Virus” tersebut nampak tak bergerak dan justru menempel di jari anak tadi.

2 dari 3 halaman

Menunjukkan pentingnya cuci tangan

Pentingnya cuci tangan
foto: IG/@mandysmunchkins_

Selanjutnya Amanda meminta anak tadi mencelupkan tangannya ke dalam sabun. Ketika si anak memasukkan kembali tangannya ke ke dalam air, “virus-virus” bergerak ke sisi lain piring dan menjauh. Hal ini membuktikan bahwa mencuci tangan dengan sabun bisa menjauhkan diri dari berbagai macam penyakit.

“Belajar tentang pentingnya mencuci tangan. Saya berharap Anda semua dapat melihat betapa terkejutnya mereka bahwa ‘virus’ (lada) menjauh dari sabun,” kata Amanda pada keterangan video tersebut.

Amanda menambahkan tujuan dari membuat eksperimen tersebut untuk membantu anak-anak menyadari betapa pentingnya mencuci tangan.

“Saya melakukan ini untuk menunjukkan pentingnya mencuci tangan,” lanjut Amanda.

Benar saja, setelah mengajarkan cara ini semua anak lebih sering mencuci tangan terutama saat sebelum dan sesudah makan, termasuk setelah bermain di taman bermain.

 

3 dari 3 halaman

videonya viral

Lanjutkan Membaca ↓