Sukses

Cegah Virus Corona, Ini 7 Lagu Favorit Cara Mencuci Tangan Versi Netizen

Cegah virus Corona, netizen membuat lirik lagu kesukaan mereka menjadi lagu saat mencuci tangan

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona atau COVID-19 telah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi. Penetapan itu dirilis pada 11 Maret 2020 setelah WHO melihat adanya 118 ribu kasus penularan di lebih dari 110 negara.

Gejala virus Corona yang seperti flu, sering kali diabaikan oleh penderita. Tanpa sadar, ia membawa virus itu di dalam tubuhnya bepergian ke berbagai tempat dan menularkannya ke orang lain. Meski demikian, virus Corona tak akan berdaya pada orang sehat.

Selain menjaga daya tahan tubuh, mencuci tangan dianggap menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah infeksi virus Corona. Berbagai ahli dan dokter di seluruh dunia menyarankan orang-orang untuk lebih membiasakan mencuci tangan dengan baik dan benar.

Mencuci tangan yang baik dan benar setidaknya menggunakan air mengalir dan sabun. Mencucinya pun harus selama minimal 20 detik. Selain itu, ada panduan yang dikeluarkan oleh WHO bagaimana teknik mencuci tangan yang benar.

Yang sering diajarkan adalah mencuci tangan sembari menyanyikan lagu "Happy Birthday" sebanyak dua kali. Waktunya kira-kira 20 detik. Namun, bukan netizen namanya bila tidak kreatif.

Lewat situs Washyourlyrics(dot)com, netizen membuat sendiri panduan mencuci tangan dengan lagu kesukaan mereka. Alhasil, di media sosial beredar berbagai panduan mencuci tangan dengan lagu-lagu yang beragam pula.

Berikut beberapa di antaranya seperti dihimpun oleh Citizen6-Liputan6.com dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Bisa pakai lagu Kangen punyanya Dewa

3 dari 8 halaman

2. Kalau ini lagu mencuci tangan ala fans JKT48

4 dari 8 halaman

4. Wota juga mesti punya lagu mencuci tangan sendiri

5 dari 8 halaman

4. Lagu Kantoi-nya Zee Avi juga bisa

6 dari 8 halaman

5. Pakai lagu berbahasa Jawa? Bebas

7 dari 8 halaman

6. Pakai lagunya Coldplay yang Fix You, nih

8 dari 8 halaman

7. Kalau ini lagu Taylor Swift yang lagi rame, The Man

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.