Sukses

Jaga Kesehatan Tubuh, Hindari Kebiasaan yang Tak Sadar Sering Kamu Lakukan Ini

Berikut deretan hal jorok yang harus kalian hentikan mulai sekarang.

Liputan6.com, Jakarta - Ada begitu banyak kebiasaan buruk yang tanpa disadari bisa mengganggu kesehatan tubuh. Umumnya hal-hal tersebut merupakan hal sederhana yang sering kita remehkan.

Padahal jika dilakukan secara terus menerus bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Melansir dari Brightside, Jumat (13/3/2020),  berikut deretan hal jorok yang harus kamu hentikan mulai sekarang.

1. Tak cuci tangan sebelum ke toilet

Sebagian besar dari kamu tentu banyak yang mencuci tangan setelah menggunakan toilet. Padahal tak banyak yang sadar bahwa justru sangat penting bagi kita untuk mencuci tangan sebelum masuk toilet.

Bisa saja tanganmu kotor ketika melakukan aktivitas dan bisa memicu munculnya bakteri pada tangan. Nah, ketika ke toiletmu akan menyentuh bagian-bagian privat yang sangat berbahaya jika terkena kuman. Oleh karena itu, mulai sekarang usahakan untuk mencuci tangan sebelum dan setelah keluar toilet.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Setop memencet flush toilet menggunakan jari

Toilet bisa menjadi tempat paling kotor di setiap sudut rumah. Sebuah penelitian bahkan menyebut 90 menit setelah kamu memencet flush toilet, bakteri masih berada di permukaan toilet.

Oleh karena itu, ada baiknya hentikan kebiasaan memencet tombol flush toilet dengan jari dan menggunakan punggung jari. Hal sederhana ini bisa sangat membantu, untuk mengatisipasi kalian menyentuh sesuatu sebelum mencuci tangan.

3 dari 4 halaman

3. Tak mengganti bantal dalam waktu lama

Busa pada bantal bisa menjadi sarang debu, tungau, dan jamur dan bisa dengan mudah berpindah ke wajah seseorang yang menggunakannya jika digunakan dalam waktu yang cukup lama. Terlebih tanpa sering mencucinya.

Tanpa disadari, hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah. Sebuah penelitan menyatakan bahwa tungau bisa menyebabkan alergi yang menyebabkan rasa gatal, bengkak hingga iritasi. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk secara rutin mencuci bantal setidaknya seminggu sekali.

4 dari 4 halaman

4. Mencuci wajah dengan sabun

Banyak orang berpikir bahwa dengan mencuci wajah secara rutin dua kali sehari bisa membuat wajah bersih. Padahal hal ini salah besar. Sabun bisa menyumbat pori-pori dan membuat wajah breakout.

Ahli dermatologis menekankan bahwa sabun sebaiknya tak digunakan pada kulit wajah. Pasalnya ketika menggunakannya, kamu justru akan menghancurkan lapisan yang bisa melindungi kulit wajah dan mengganggu level pH kulit wajah. Jadi gunakanlah sabun khusus untuk mencuci muka ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.