Sukses

8 Alat Rumah Tangga Ini Beracun Bila Tidak Digunakan dengan Benar

Ada banyak item rumah tangga yang tanpa Anda sadari dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak item rumah tangga yang tanpa Anda sadari dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan. Hal-hal yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, luput dari pengetahuan akan bahayanya.

Berikut ini produk rumah tangga yang dapat menjadi berbahaya jika digunakan secara tak benar.

1. Wadah penyimpanan plastik

Wadah ini berrguna untuk membawa bekal makan siang. Namun, juga bisa membuat makananan Anda tercampur bahan kimia berbahaya bila Anda menggunakan microwave untuk memanaskannya. Bahan kimia ini disebut BPA.

Memanaskan wadah penyimpanan plastik dalam microwaver berarti Anda makan lebih banyak BPA. Padahal, BPA telah dikaitkan dengan efek kesehatan serius seperti kanker, infertilitas, diabetes, dan obesitas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2. Penyegar udara

Kita semua menyukai pengharum ruangan yang bisa meningkatkan rasa nyaman di rumah. Terlebih dari bau tak enak.

Namun, semprotan ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Satu studi mengatakan bahwa ini dapat memengaruhi perkembangan reproduksi. Studi lain menyiratkan bahwa benda ini dapat menyebabkan migrain dan masalah pernapasan.

 

3 dari 8 halaman

3. Kapur barus

Kapur barus sangat praktis untuk menjaga pakaian Anda tetap segar dan terlindung dari serangga, tapi ini juga bisa menyebabkan masalah kesehatan. Kapur barus mengandung naphthalene yang bisa menguap dan memberi aroma kapur barus.

Di sisi lain, ini dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah merah Anda. Mengirup kapur barus dapat berbahaya dan menyebabkan masalah kesehatan serius seperti katarak dan komplikasi hati. Jika digunakan secara tak benar, item ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda dan seluruh anggota keluarga.

 

4 dari 8 halaman

4. Mesin printer

Sebagian orang memiliki mesin ini di rumah. Sayangnya, mesin printer juga kurang baik bagi kesehatan Anda. Satu studi mengatakan bahwa printer laser dapat melepaskan partikel ke udara, mirip dengan jumlah dari asap rokok. Karena partikelnya sangat kecil, mereka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang buruk ketika terhirup ke dalam tubuh.

Studi lain menunjukkan bahwa karena risiko kesehatan printer laser yang potensial, Anda seharusnya meninggalkan ruangan ketika mengeprint sesuatu dan membuka jendela.

 

5 dari 8 halaman

5. Baterai

Baterai adalah sesuatu yang kita semua miliki dan butuhkan tapi juga bisa berbahaya bagi kesehatan jika digunakan secara tak benar. Ini karena baterai dibuat dengan asam sulfat yang berbahaya bagi kulit jika bocor.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa baterai lithium-ion (yang juga digunakan di ponsel) bisa sangat berbahaya jika rusak. Ini karena mereka dapat melepaskan gas fluoride beracun yang berbahaya bagi kesehatan, terutama jika baterainya terbakar.

 

6 dari 8 halaman

6. Pemutih

Hampir setiap rumah memiliki pemutih, bahan kimia yang membersihkan rumah Anda. Bahaya pemutih yakni menyebabkan luka bakar, kebutaan, dan masalah pernapasan. Saat membersihkan lantai, mencapur satu produk pemutih dengan produk pembersih lainnya bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan reaksi kimia dengan asap dan gas berbahaya, seperti gas klor.

 

7 dari 8 halaman

7. Alumunium foil

Alumunium foil bisa berbahaya karena dapat mentransfer partikel alumunium ke makanan Anda. Menurut sebuah penelitian, saat Anda memasak makanan yang dibungkus dengan alumunium foil, Anda mungkin mengonsumsi tawas tingkat tinggi lebih dari yang direkomendasikan.

Efek kesehatan dari makan tawas terlalu banyak adalah penyakit seperti penyakit Crohn.

 

8 dari 8 halaman

8. Panci anti lengket

Peralatan dapur ini mungkin praktis karena menghemat waktu Anda saat membersihkan panci, tapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Panci anti lengket biasa dilapisi dengan bahan kimia polyfluoroalkyl (PFC) yang dapat melepaskan gas dan bahan kimia beracun saat dipanaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.