Dianggap Bersih, 6 Kebiasaan Ini Ternyata Berbahaya untuk Kesehatanmu

Oleh Yulia Lisnawati pada 11 Mar 2020, 17:15 WIB
Diperbarui 11 Mar 2020, 17:15 WIB
Ilustrasi mandi
Perbesar
Ilustrasi mandi. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kebersihan diri tentu dilakukan setiap individu untuk terhindar dari penyakit. Berbagai kebiasaan dilakukan setiap hari guna menjaga diri tetap bersih, seperti mandi dua kali sehari.

Namun nyatanya, agar tubuh sehat, kamu tidak harus mengikuti aturan kebersihan, melainkan harus melakukannya dengan cara yang benar-benar tepat. 

Beberapa kebiasaan menjaga kebersihan ternyata bisa mengganggu kesehatanmu lo. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir Bright Side, Rabu (11/3/2020).

1. Terlalu Sering Mandi

Ini mungkin terdengar aneh, tapi terlalu sering mandi ternyata sama buruknya dengan tidak mandi sama sekali.

Menurut tim ahli penyakit menular dari Universitas Columbia, terlalu banyak mandi membuat kulitmu kering dan pecah-pecah, yang membuat mikroba bisa dengan mudah menembus tubuhmu melalui luka-luka. Para ahli merekomendasikan untuk mandi tidak lebih dari sekali sehari.

 

2 dari 7 halaman

2. Mencuci Tangan Sebelum ke Toilet

cuci tangan
Perbesar
ilustrasi cuci tangan/copyright Pexels/Burst

Kamu bisa menemukan bakteri tidak hanya di toilet, tapi juga di sekitar rumah. Ini berarti bahwa jika kamu tidak mencuci tangan untuk waktu yang lama, bakteri mungkin juga bersarang di sana.

Ketika pergi ke kamar mandi, kamu menyentuh bagian-bagian pribadi yang sangat berbahaya bagi mikroba. Jadi, mencuci tangan sebelum ke toilet bahkan lebih baik daripada setelahnya.

3 dari 7 halaman

3. Menyiram Toilet dengan Ujung Jari

Dianggap Bersih, 6 Kebiasaan Ini Ternyata Bahaya untuk Kesehatanmu
Perbesar
(brightside.me)

Toilet menjadi tempat paling kotor di rumah, kantor maupun mal. Peneliti bahkan mengklaim bahwa 90 menit setelah disiram, puluhan tetesan bakteri masih ada di permukaan.

Karena itu, cobalah untuk menyiram toilet bukan dengan ujung jarimu, tapi menggunakan sisi belakang jarimu.

Ini bisa sangat membantu, jika kamu lupa dan menyentuh sesuatu sebelum mencuci tangan, maka kamu tidak akan menyebarkan bakteri di sekitarnya.

4 dari 7 halaman

4. Tidur di Bantal yang Sama untuk Waktu yang Lama

Bantal menjadi surga bagi tungau atau jamur. Seiring waktu, mereka bisa pindah ke wajah seseorang dan memicu demodicosis.

Demodicosis atau demodex adalah hewan tak kasat mata yang tinggal di wajah seseorang hingga berkembang biak. Ini menjadi penyebab umum masalah kulit lainnya.

Sebuah penelitian mengatakan tungau debu bisa memicu alergi, yang menyebabkan hidung tersumbat, bengkak dan iritasi pada saluran pernapasan bagian atas. Kamu juga disarankan untuk mencuci bantal setiap minggu dengan air setidaknya 130 derajat F.

5 dari 7 halaman

5. Membiarkan Hewan Peliharaan Tidur Bersamamu

Kamu sebenarnya tidak direkomendasikan membiarkan kucing dan anjing peliharaanmu tidur di ranjang yang sama denganmu. Bahkan yang paling terawat pun membawa banyak bakteri di bulu mereka.

Memang sulit dipercaya, tapi beberapa di antaranya bahkan bisa menyebabkan penyakit pes. Penyakit pes yang disebut juga dengan plague atau sampar, adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis.

6 dari 7 halaman

6. Mencuci Muka dengan Sabun

Banyak individu berpikira bahwa jika mereka mencuci muka dengan sabun dua kali sehari, itu akan membuat wajah bersih dan terhindar dari jerawat. Pada kenyataannya, sabun bisa menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

Dermatologis menekankan bahwa sabun pada awalnya tidak ditujukkan untuk wajah. Saat menggunakannya, kamu menghancurkan penghalang pelindung dan mengganggu tingkat pH kulitmu.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓