Sukses

Tak Hanya Buahnya, Daun Pepaya Juga Punya Manfaat Luar Biasa Bagi Tubuh

Nah, penasaran manfaat apa saja yang didapat dari daun pepaya?

Liputan6.com, Jakarta - Selain buahnya, daun pepaya ternyata kaya manfaat bagi kesehatan tubuh lo. Menurut sebuah penelitian, daun pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chyymopapain yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan seseorang.

Daun pepaya juga mengandung senyawa yang disebut karpain yang membantu membunuh mikroorganisme dari sistem pencernaan dan mengobati masalah pencernaan lainnya. Untuk itu, daun pepaya banyak digunakan dalam jus atau teh untuk mengobati berbagai penyakit. 

Nah, penasaran manfaat kesehatan lainnya dari daun pepaya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (10/3/2020).

1. Demam Berdarah

Demam berdarah (DBD) adalah penyakit menular berbasis nyamuk yang memengaruhi sekitar 50-200 juta orang di seluruh dunia per tahun.

Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun pepaya berpotensi meningkatkan jumlah trombosit pada orang yang terinfeksi demam berdarah dan mengurangi demam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2. Mengurangi Gangguan Saat Menstruasi

Daun pepaya bisa menjadi penyelamat bagi para wanita yang sedang menstruasi. Daun tersebut nyatanya membantu meringankan kembung yang terjadi selama kram menstruasi.

Teh atau ramuan yang terbuat dari daun pepaya sangat membantu untuk mengobati gejala PMS (pra menstruasi) seperti sakit, sakit kepala, gangguan pencernaan dan mual.

3 dari 8 halaman

3. Obati Masalah Kulit

Menurut sebuah penelitian, rebusan daun pepaya memiliki kemampuan penyembuhan terhadap kanker, khususnya kanker kulit.

Daun pepaya memiliki efek sitotoksik yang kuat sehingga bisa membantu untuk membunuh sel kanker lebih baik daripada obat tradisional lainnya.

4 dari 8 halaman

4. Mengurangi Perubahan Suasana Hati

Banyak penelitian mengungkap bahwa penyebab utama perubahan suasana hati dan gangguan mental lainnya adalah kekurangan vitamin C dalam tubuh.

Daun pepaya atau rebusannya membantu menghilangkan ketegangan emosional seperti perubahan suasana hati, stres dan depresi.

5 dari 8 halaman

5. Membantu Pertumbuhan Rambut

Daun pepaya sepenuhnya dikemas dengan antioksidan seperti betakaroten, enzim seperti papain dan vitamin A dan C.

Senyawa ini membantu untuk merawat kondisi rambut, seperti ketombe dan kebotakan. Juga bisa menambah volume pada rambut dan membuat rambut berkilau alami.

6 dari 8 halaman

6. Detoksifikasi Tubuh

Daun hijau adalah yang terbaik untuk kesehatan hati. Kehadiran phytochemical seperti flavonoid dan alkaloid bersama dengan enzim seperti papain dalam daun pepaya bertindak sebagai agen detoksifikasi dan melindungi hati dan ginjal dari semua gangguan seperti peradangan.

7 dari 8 halaman

7. Tingkatkan Nafsu Makan

Kehilangan nafsu makan menjadi tanda utama diabetes. Daun pepaya bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes dan mengontrol kadar glukosa dalam tubuh. Ini, pada gilirannya akan membantu meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, daun pepaya juga membantu meningkatkan masalah pencernaan seperti mulas, kembung serta merangsang nafsu makan.

8 dari 8 halaman

8. Memperlambat Penuaan

Penyebab utama penuaan adalah adanya radikal bebas berbahaya di dalam tubuh.

Antioksidan tinggi dalam daun pepaya bisa membantu mengais radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakannya. Ini juga membantu menjaga kesehatan kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini