Sukses

Tampak Lebih Muda dari Usia Sebenarnya Itu Tanda Kecerdasan, Ini Sebabnya

Ada banyak faktor yang membuat seseorang tampak lebih tua atau lebih muda dari usia sebenarnya

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang memiliki tampilan yang berbeda dengan usia sebenarnya. Ada banyak faktor yang membuat seseorang tampak lebih tua atau lebih muda seperti stres, status keuangan, rutinitas sehari-hari, dan IQ.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kecerdasan juga memengaruhi penampilan fisik seseorang. Mereka yang ber-IQ tinggi, memiliki perasaan dan penampilan yang lebih muda dari usia sebenarnya.

Penelitian ini sangat menarik dan pertama kali dimulai pada tahun 1957. Saat itu, para peneliti mengukur IQ pada siswa sekolah menengah dan kemudian bertanya tentang "usia batin" mereka dari tahun 1992 hingga 1993 dan pada tahun 2011, ketika mereka berusia 71 tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Selanjutnya

Kesimpulannya, orang-orang dengan kecerdasan yang lebih tinggi merasa lebih muda dari usia mereka sebenarnya. Akan tetapi, bagaimanausia batin seseorang memengaruhi penampilan mereka jika didasarkan pada perasaan?

Pikirkan tentang hal ini: merasa lebih tua dan kurang mampu secara fisik dapat membuat kita depresi dan rentan terhadap penyakit. Semakin muda kita merasa, semakin kita ingin melakukan sesuatu dan bersemangat tentang kehidupan.

 

 

3 dari 6 halaman

Orang cerdas lebih terbuka terhadap pengalaman

Dalam banyak hal, rasa kagum dan kegembiraan ktia tentang dunia di sekitar kita adalah apa yang membuat kita merasa muda di usia berapa pun. Orang cerdas cenderung menjelajahi tempat-tempat baru dan mencoba hal-hal baru karena mereka lebih sadar akan kemungkinan yang menunggu mereka.

Bepergian membantu kita tetap aktif dan berenergi. Kita semua sepakat bahwa melarikan diri ke petualangan kedengaran lebih baik ketimbang cuma duduk di sofa pada malam Minggu.

 

 

4 dari 6 halaman

Ini tentang membangun kebiasaan sehat

Pada akhirnya, apa yang kita makan dan bagaimana kita merawat tubuh kita adalah apa yang paling penting. Butuh komitmen besar untuk benar-benar mempertahankan gaya hidup sehat.

Orang pintar tahu bahwa tubuh dapat menderita akibat konsekuensi dari pilihan buruk. Ini bisa menjadi motivasi bagi mereka. Sedangkan orang dengan kecerdasan rendah mungkin hanya mengetahuinya sedikit saja. Jadi, ada baiknya belajar lebih banyak tentang tubuh Anda dan apa yang membahayakannya.

 

 

5 dari 6 halaman

Kecerdasan dapat mendatangkan uang dan tunjangan

Pendidikan yang baik sering menghasilkan pekerjaan bergaji tinggi dan masalah uang. Orang dengan gaji lebih besar dari rata-rata memiliki akses ke perawatan medis yang lebih baik, mereka dapat berbelanja prosedur kecantikan secara royal, makan makanan sehat, dan traveling. Sedikit perawatan ekstra ini dapat membuat perbedaan besar di tahun-tahun selanjutnya.

 

6 dari 6 halaman

Orang pintar lebih mudah mengatasi stres

Stres adalah penjahat terbesar dalam perjuangan kita untuk kaum muda karena sebenarnya mempercepat penuaan pada tingkat sel. Orang-orang dengan IQ tinggi lebih mampu memprioritaskan masalah mereka yang membantu mereka fokus pada penyelesaian satu hal daripada menekankan segala sesuatu sekaligus.

Mereka siap menghadapi tantangan yang datang bersama usia yang lebih tua dan merasa kurang rentan terhadap perubahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.