Jangan Dibuang, Rambut Jagung Ternyata Kaya Manfaat untuk Tubuhmu

Oleh Yulia Lisnawati pada 08 Mar 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 08 Mar 2020, 18:00 WIB
Ilustrasi Jagung

Liputan6.com, Jakarta - Saat membuka jagung dari kulitnya, pasti kamu akan mendapati lapisan benang yang menutupi keseluruhan jagung. Benang halus tersebut biasa disebut rambut jagung. Nah, apakah kamu sering membuang rambut jagung tersebut? Jika ya, kini saatnya kamu menghentikan kebiasaan tersebut dan mengetahui manfaat dari rambut jagung.

Rambut jagung (stigma maydis) adalah benang panjang, rambut tipis yang tumbuh di bawah kulit jagung. Rambut jagung ini mengandung protein, karbohidrat, kalsium, kalium, magnesium, natrium, garam, minyak atsiri, alkaloid, tanin, saponin, flavonoid, stigmasterol dan sitosterol.

Rambut jagung bisa dikonsumsi dalam bentuk segar maupun kering, dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Amerika untuk mengobati berbagai penyakit.

Nah, penasaran apa saja manfaat kesehatan jika kamu mengkonsumsi rambut jagung? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Minggu (8/3/2020).

1. Mengurangi Gula Darah

Puasa & Lebaran, Diabetesi Harap Lakukan Cek Gula Darah
Baik puasa dan saat lebaran, penderita diabetes dianjurkan untuk melakukan cek gula darah

Rambut jagung bisa mengurangi kadar gula darah dan membantu mengelola gejala diabetes.

Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa sutra jagung secara signifikan mengurangi kadar gula darah yang menunjukkan bahwa rambut jagung memiliki aktivitas anti-diabetes yang kuat.

2 dari 9 halaman

2. Menurunkan Peradangan

Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Ekstrak rambut jagung telah terbukti mengurangi peradangan dengan menghentikan aktivitas senyawa peradangan utama. Ini juga mengandung magnesium, mineral penting yang mengatur respon peradangan tubuh.

3 dari 9 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Adanya flavonoid dalam rambut jagung telah terbukti menurunkan kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C), trigliserida dan kadar kolesterol total. Kolesterol tinggi telah terbukti meningkatkan risiko aterosklerosis.

4 dari 9 halaman

4. Menurunkan Depresi

Rambut jagung memiliki aktivitas anti-depresi dan penelitian telah menunjukkan bahwa rambut jagung menunjukkan aktivitas anti-depresi terhadap tikus diabetes yang diinduksi streptozotocin.

5 dari 9 halaman

5. Mengurangi Kelelahan

Kelelahan membuatmu merasa lemas dan kamu bisa kehilangan motivasi dan energi untuk melanjutkan pekerjaanmu. Flavonoid dalam rambut jagung menunjukkan aktivitas anti-kelelahan yang telah terbukti mengurangi kelelahan dan membuatmu merasa tidak terlalu lelah.

6 dari 9 halaman

6. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Rambut jagung bertindak sebagai diuretik yang bisa membantu mengobati tekanan darah tinggi dengan mengeluarkan cairan berlebih dari tubuh.

Konsumsi teh sutra jagung bisa secara signifikan mengurangi tekanan darah.

7 dari 9 halaman

7. Mendukung Penurunan Berat Badan

Rambut jagung bisa membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori. Minum teh rambut jagung akan meningkatkan perasaan kenyang, meningkatkan metabolismemu dan memfasilitasi pembuangan produk limbah.

8 dari 9 halaman

8. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih bisa terjadi di bagian manapun dari sistem kemih, ginjal, kandung kemih atau uretra. Memiliki rambut jagung dalam bentuk teh dan suplemen bisa membantu mengobati infeksi saluran kemih.

9 dari 9 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓