Sukses

Foto Ini Tunjukkan Bukti Pentingnya Mencuci Tangan dengan Benar, Harus Lebih dari 20 Detik

Foto ini tunjukkan bukti pentingnya mencuci tangan secara benar lebih dari 20 detik

Liputan6.com, Jakarta - Mencuci tangan adalah salah satu cara menjaga kebersihan yang harusnya menjadi kebiasaan. Terlebih, dengan merebaknya virus Corona saat ini yang diklaim dapat dicegah lewat rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan.

Meski demikian, mencuci tangan memiliki aturan tersendiri agar tangan benar-benar bersih dari kuman dan bakteri. Sebut saja, mencuci tangan hendaknya memakai sabun di air mengalir selama lebih dari 20 detik. Jika kurang, dikhawatirkan kuman dan bakteri tak hilang sepenuhnya.

The importance of washing your hands properly. The parts that glow under a blacklight are dirty. from r/interestingasfuck

 

Sebuah foto yang beredar di Reddit menunjukkan perbandingan apabila kamu mencuci tangan dengan waktu yang kurang dari 20 detik. Dalam foto tersebut, terdapat foto tangan seseorang yang terlihat bercahaya di dalam kegelapan.

Disebutkan bahwa bagian yang bercahaya merupakan tangan yang kotor oleh kuman dan bakteri. Kemudian terdapat beberapa foto perbandingan setelah mencuci tangan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wajib mencuci tangan dengan benar

Foto kedua menunjukkan hasil dari membilas tangan dengan air secara terburu-buru. Tampak jelas bahwa hanya sedikit bagian yang bersih oleh kuman dan bakteri.

Foto ketiga menampilkan hasil dari mencuci tangan tanpa sabun selama 6 detik. Hasilnya adalah sedikit bagian dari tangan tampak bersih tapi sebagian masih kotor.

Foto keempat memperlihatkan hasil dari mencuci tangan dengan sabun selama enam detik. Ini merupakan waktu rata-rata seseorang yang mencuci tangan secara buru-buru. Hasilnya adalah tangan terlihat bersih tapi beberapa bagian tangan masih kotor dan berselimut bakteri/kuman.

 

 

3 dari 5 halaman

Perbedaan mencuci tangan dengan benar

Foto kelima menunjukkan hasil dari mencuci tangan dengan sabun selama 15 detik. Hasilnya adalah tangan sudah cukup bersih, tapi sela-sela tangan masih penuh kotor.

Foto yang terakhir memaparkan hasil dari mencuci tangan selama 30 detik dengan sabun. Tampak jelas bahwa tangan terlihat bersih hingga ke sela-sela jari. Bagian kuku masih terlihat bercahaya karena bagian tangan tersebut tertutup lapisan kuku.

Dari foto-foto tersebut, jelas sudah manfaat dari mencuci tangan dengan sabun secara benar. Lalu, bagaimana cara mencuci tangan dengan sabun secara benar tersebut?

 

 

4 dari 5 halaman

Cara mencuci tangan yang benar

Dokter spesialis paru Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu, Sri Dhuny Atas Asri menjelaskan langkah tepat agar terhindar dari virus Corona.

"Ada 6 langkah cuci tangan yang dianjurkan. Ada kata kuncinya yang mudah untuk diingat, yaitu Tepung Selaci Puput," ucap dokter Sri.

'Te' yang pertama berarti telapak. Yang pertama kali kamu cuci adalah telapak tangan. Setelah itu dilanjutkan dengan 'Pung' alias punggung tangan.

Dilanjutkan dengan 'Sela' yaitu sela-sela jari. Jadi sela-sela jari juga harus dibersihkan dengan benar sampai tak ada kotoran. kamu bisa menggosoknya sebanyak empat kali.

 

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Setelahnya adalah 'Ci' yang berarti mengunci jari. Maksudnya adalah kunci jari-jari secara bersamaan dengan rapat seperti kamu mau menyuap nasi dengan tangan. Mengunci jari kemudian gosokkan ujung-ujungnya di telapak tangan satunya.

Selanjutnya adalah 'Pu' yang berarti putar-putar ibu jari dan pastikan bersih kanan dan kiri. Terakhir baru 'Put' alias putar-putar telapak tangan.

Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20-30 detik. Untuk memastikannya, kamu bisa menyanyikan lagu 'Happy Birthday' atau 'Selamat Ulang Tahun' sebanyak dua kali sambil mencuci tangan. Durasinya menyanyi lagu tersebut sebanyak dua kali sama dengan 20 detik lebih.

Penulis:

Vina Muthi A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.