Jangan Panik, Lakukan 2 Hal Ini untuk Cegah Penularan Virus Corona

Oleh Camelia pada 02 Mar 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 02 Mar 2020, 13:00 WIB
Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Dua orang di Indonesia dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona Covid-19. Hal ini dinyatakan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (2/3/2020).

"Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona, tim dari Indonesia langsung telusuri," kata Jokowi di Istana Kepresidenan.

Dalam penelusuran tersebut, seorang ibu dan anaknya lantas dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran bagi warga Indonesia.

Memang hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk korban yang terinfeksi virus tersebut. Namun, tentunya ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu melindungi diri dari penularan Virus Corona.

Dilansir dari Focus Taiwan, para ahli kesehatan di Tiongkok menyarankan untuk menggunakan masker wajah dan rutin mencuci tangan untuk mencegah penularan virus yang telah mewabah di berbagai negara di dunia tersebut.

"Dua hal ini bisa melindungi kita dari novel Coronavirus (2019-nCoV)," kata Huang Ching-tai, Kepala Divisi Penyakit Menular, Departemen Penyakit Dalam di Rumah Sakit Linkou Chang Gung Memorial, Taipei.

2 dari 3 halaman

Gunakan masker dan cuci tangan

Antisipasi Virus Corona di Stasiun Gambir
Calon penumpang kereta api mengenakan masker saat berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/01). Dalam rangka pencegahan Virus Corona, PT Kereta Api Indonesia (persero) melakukan sosialisasi kepada penumpang dengan membagi-bagikan masker di stasiun Gambir. (merdeka.com/Imam Buhori)

Huang menambahkan Virus Corona disebarkan melalui transmisi kontak yang berarti petugas medis yang terinfeksi mungkin telah menyentuh droplet (percikan cairan liur/dahak) seseorang yang terinfeksi. Hal tersebut yang membuat mencuci tangan dan mengenakan masker menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah penularannya.

Namun kalian justru tak disarankan untuk mengenakan masker N95 untuk mencegah penularan virus Corona karena justru dikatakan akan membuat penggunanya semakin kesulitan bernapas.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓