Sukses

5 Hal Sehari-hari Ini Sebenarnya Dapat Membahayakan Kesehatanmu

Berikut ini hal-hal yang sebagian besar Anda miliki di rumah, digunakan sehari-hari, tapi sebenarnya berbahaya bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Sangat sering sebuah brand menggunakan metode persuasif yang ditargetkan untuk membuat kita membeli barang yang tak kita butuhkan. Namun, beberapa dari mereka mungkin tak hanya tidak perlu tapi juga sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Berikut ini hal-hal yang sebagian besar Anda miliki di rumah, digunakan sehari-hari, tapi sebenarnya berbahaya bagi kesehatan. Melansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Maskara

Perhatikan baik-baik bahan maskara saat Anda membeli yang baru. Beberapa bahannya seperti paraben, bubuk alumunium, dan propilen glikol mungkin sangat berbahaya bagi kesehatan mata Anda. Hindari penggunaan maskara teman Anda karena dapat menyebabkan penyebaran bakteri dan jamur serta infeksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Peralatan masak antilengket

Bahan kimia perfluorinated yang digunakan untuk membuat peralatan antilengket mungkin tidak begitu berbahaya. Namun ketika suhu melebihi 230 derajat Selsius, permukaan peralatan masak akan mengekstrak sejumlah zat volatil. Peneliti Denmark menemukan bahwa keberadaan bahan kimia beracun ini dalam darah manusia dapat memicu pembentukan sel kanker.

 

3 dari 5 halaman

3. Wadah makanan plastik

Bukan plastik itu yang membahayakan kita tapi komponen kimia yang digunakan pabrik untuk membuat wadah itu padat. Sering mencuci, memanaskan, dan kontak dengan komponen makanan membuat situasi makin buruk.

Plastik bisa menjadi sangat beracun dan berbahaya. Jangan menggunakan wadah makanan plastik selama lebih dari 5 bulan dan pastikan Anda menghindari menggunakannya dalam microwave.

 

4 dari 5 halaman

4. Sabun antibakteri

Undang-undang mengatur jumlah triclosan menjadi 0,1-0,3%. Triclosan merupakan bahan antiseptik yang digunakan dalam sabun antibakteri. Namun, bahaya lebih besar.

Triclosan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh kita menolak penyerapan antibiotik. Ini juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan distrofi otot.

Faktanya, sabun antibakteri tak lebih dari trik pemasaran. Penelitian menunjukkan bahwa bakteri apapun dapat dicuci dari tangan Anda dengan sabun biasa.

 

5 dari 5 halaman

5. Toilet duduk

Penggunaan toilet duduk sesungguhnya berbahaya bagi kesehatan. Dengan sudut 90 derajat di pinggul Anda, saluran alami usus terganggu dan praktis tertutup.

Dalam kasus terburuk, itu dapat menyebabkan iritasi usus, sembelit, wasir, dan bahkan kanker usus besar. Posisi alami sudut 45 derajat di pinggul seperti jongkok sebenarnya lebih baik untuk kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini