Sukses

5 Cara Mudah Agar Kamu Bisa Cepat Tidur, Bebas Insomnia

Padahal, jika mengalami kurang tidur akan menyebabkan penyakit serius, menurunnya daya ingat, dan kurang fokus.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur memang menjadi salah satu aktivitas yang perlu dilakukan setiap orang. Dengan memiliki kualitas tidur yang baik, kamu akan mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Namun sayang, banyak orang memiliki masalah untuk bisa tidur dengan cepat. Padahal, jika mengalami kurang tidur akan menyebabkan penyakit serius, menurunnya daya ingat, dan kurang fokus.

Namun, ada cara mudah bagi kamu yang mengalami masalah tidur. Berikut ulasannya seperti melansir dari Inspire, Sabtu (29/2/2020).

1. Mengkhayal

Terkadang susah tidur juga bisa terjadi karena kita takut hari esok berjalan tidak sesuai rencana, dan membuat hati gelisah. 

Sebelum tidur, cobalah untuk berfikir positif atau yang indah-indah. Barkhayal sesuatu yang kita inginkan terjadi di esok hari juga membantu kita tidur lebih cepat dan nyenyak. Kita jadi ingin malam cepat berlalu tanpa harus membahayakan tubuh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menghabiskan Sedikitnya 15 Menit di Bawah Matahari

Ketika bangun di pagi hari, sebaiknya berjemur 15 menit di bawah matahari. Karena saat alami susah tidur, kamu perlu mendapat keseimbangan antara pola gelap dan terang yang konsisten.

Jika tubuh menyerap banyak sinar matahari pagi tentu akan mendapatkan tambahan energi dan semangat. Jadi, saat memulai aktivitasmu, kamu tidak perlu khawatir akan kelelahan.

Sinar matahari pagi juga sangat banyak manfaatnya dan perlu dibiasakan untuk mencegah masalah tidur.

3 dari 5 halaman

3. Hindari Alkohol Sebelum Tidur

Banyak individu yang menganggap alkohol membantu cepat tidur bahkan hingga nyenyak. Namun, hindarilah itu sebagai obat tidurmu. Sebab mengonsumsi alkohol dapat membuat masalah baru bagi kesehatan tubuhmu.

Meski alkohol bisa membuat tubuh terasa lemah hingga menyebabkan ingin beristirahat. Namun nyatanya, alkohol bisa merusak jantung dan sangat mengganggu pernapasan. 

4 dari 5 halaman

4. Kurangi Berolahraga di Malam Hari

Olahraga di malam hari bukanlah kegiatan yang baik dan dianjurkan. Meskipun pada dasarnya memang olahraga kegiatan sangat baik untuk kesehatan.

Memang tubuh mendapatkan banyak energi dan kebugaran sehabis berolahraga, tapi tidak untuk dilakukan di waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat. 

Malam menjadi waktu bagi tubuh untuk tidak difungsikan atau dimatikan sementara. Ketika tubuh terasa sangat letih dan lelah karena berolahraga malam, justru malah membuat susah tidur karena kepenuhan energi tidak pada waktunya.

5 dari 5 halaman

5. Hindari Makan Terlalu Malam

Makan terlalu malam menyebabkan organ tubuh yang harusnya beristirahat malah bekerja mencerna makanan.

Jika kamu tidur sehabis makan, pasti membuat tidur terganggu karena proses pencernaan yang sedang berlangsung. Kamu akan sering terbangun dan susah untuk tidur lagi. Kalau bisa minimal empat jam sebelum tidur makan terlebih dahulu agar waktu tidur tidak terganggu

Penulis:

Ayu Ester Simanjuntak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.