Telat Serentak Gara-Gara Commuter Line, Begini Keluhan Warganet di Medsos

Oleh Liputan6dotcom pada 21 Feb 2020, 15:29 WIB
Diperbarui 21 Feb 2020, 15:29 WIB
Ada Pergantian Wesel, KRL Beroperasi Hanya Sampai Stasiun Manggarai

Liputan6.com, Jakarta - Pagi hari ini tak seperti biasanya, banyak pengguna KRL yang menuju Jakarta Kota alami keterlambatan serentak. Gangguan keterlambatan ini masih berhubungan dengan pergantian wesel. Pihak commuterline telah memberitahukan kepada seluruh pengguna KRL, bahwa akan ada rekayasa operasi pola KRL.

Pergantian wesel tersebut terjadi di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota, mulai dari tanggal 13-23 Februari 2020. Jadi sebagian rute KRL yang menuju Jakarta Kota yang akan direkayasa polanya. Seperti perjalanan Bogor-Jakarta Kota (pulang pergi) dan Bekasi-Jakarta Kota (pulang pergi).

Tepat ada 45 dari 281 perjalanan yang akan direkayasa serta satu perjalanan akan dibatalkan. Namun, menyusul informasi lain yang menyatakan bahwa pergantian wesel ini telah selesai lebih cepat dari waktu yang telah diumumkan.

Pada hari ini (21/02/2020) terjadi keterlambatan yang menyebabkan banyaknya penumpang tertahan dan menumpuk di Stasiun Manggarai. Beberapa penumpang banyak yang disuruh turun di Stasiun Manggarai karena KRL tidak melanjutkan perjalanan sampai Jakarta Kota. Banyak pengguna KRL yang merasa kecewa karena ternyata pergantian wesel tersebut belum juga selesai. 

 

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Rekan Commuters, mulai 13 Februari malam hari hingga 23 Februari akan ada rekayasa pola operasi KRL selama masa kegiatan penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota. Tapi Rekan Commuters tenang, hanya sebagian KRL pemberangkatan dan tujuan Jakarta Kota yang mengalami rekayasa operasi ini. Tepatnya, ada 45 dari 281 perjalanan Bogor - Jakarta Kota PP dan Bekasi - Jakarta Kota PP yang akan direkayasa pola operasinya. Mana saja jadwal KRL yang akan direkayasa? Silakan geser untuk melihat tabelnya, atau klik link di bio untuk mengakses informasi lengkapnya, atau simak juga di twitter @commuterline. Informasi ini tersedia pula di stasiun, maupun melalui contact center 021-121 yang siap melayani 24 jam. Bagi jadwal yang tidak ditulis dalam tabel, artinya akan tetap beroperasi normal. Selain itu, untuk jadwal kereta terakhir tiap lintasnya juga akan kami umumkan rutin melalui media sosial. Pastikan Rekan Commuters sudah mempersiapkan perjalanannya dan senantiasa menyimak perkembangan informasi dari petugas di kereta maupun stasiun serta informasi melalui situs web maupun akun sosial media resmi PT KCI dan PT KAI. #krl #commuterline #krlcommuterline #keretaapi #kereta

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kereta Commuter Indonesia (@commuterline) pada

2 dari 4 halaman

Meminta Surat Keterangan Keterlambatan KRL Pada Petugas

Ada Pergantian Wesel, KRL Beroperasi Hanya Sampai Stasiun Manggarai
Calon penumpang menunggu kereta commuter line di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/2/2020). Rekayasa perjalanan KRL dijadwalkan berlangsung 11 hari, kurun waktu 13-23 Februari 2020. (merdeka.com/Magang/Muhammad Fayyadh)

Keterlambatan tersebut mengakibatkan banyak masyarakat yang tertahan di dalam KRL, hampir sejam dan ada juga yang harus melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum lain. Tak hanya itu beberapa keluhan dari pengguna KRL juga banyak disampaikan melalui akun sosial media mereka, yaitu twitter dan instagram. Mereka juga mengaku disuruh turun mendadak oleh pihak KRL di Stasiun Gondangdia, karena kereta tak sampai ke Jakarta Kota.

Akibat peristiwa ini juga di Stasiun Sudirman, para pengguna KRL banyak sekali yang meminta surat keterangan pada petugas commuterline. Surat keterangan yang diminta adalah tulisan yang menyatakan keterlambatan KRL akibat gangguan. Surat tersebut sebagai bukti bagi mereka yang telat sampai kantor, sekolah dan sebagainya.

3 dari 4 halaman

Keluh Kesah Warganet di Sosial Media

Ada Pergantian Wesel, KRL Beroperasi Hanya Sampai Stasiun Manggarai
Calon penumpang menaiki kereta commuter line di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/2/2020). Rekayasa perjalanan KRL dijadwalkan berlangsung 11 hari, kurun waktu 13-23 Februari 2020. (merdeka.com/Magang/Muhammad Fayyadh)

Banyak pihak yang merasa sangat dirugikan oleh keterlambatan ini. Mereka merasa waktunya terbuat sia-sia karena terlalu lama di dalam kereta yang tertahan. Karena keterlambatan serentak ini juga, banyak warganet yang menaiki KRL meluapkan keluh kesah mereka di sosial media yang ada. Berikut tanggapan mereka :

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Drama KRL Commuterline (@dramakrlcommuterline) pada

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Drama KRL Commuterline (@dramakrlcommuterline) pada

Penulis :

Ayu Ester Simanjuntak

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

Lanjutkan Membaca ↓