Sukses

Pulang Kerja Tepat Waktu Bikin Hidupmu Lebih Bahagia, Ini Alasannya

Perlu kamu tahu, bekerja dengan jam kerja ekstra nyatanya bisa merusak kehidupan sosialmu, mental dan kesehatanmu.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam pekerjaan, setiap individu memiliki prioritas yang berbeda. Ada tipe individu yang berdedikasi untuk pulang terlambat, namun ada pula yang memilih pulang kerja tepat waktu.

Perlu kamu tahu, bekerja dengan jam kerja ekstra nyatanya bisa merusak kehidupan sosialmu, mental dan kesehatanmu. Pulang kerja tepat waktu menjadi hal terbaik yang bisa dilakukan karena bisa membuatmu lebih sehat dan lebih bahagia.

Selain bikin bahagia, berikut beberapa manfaat pulang kerja tepat waktu seperti melansir dari Bright Side, Selasa (18/2/2020).

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lebih Sehat

Jam kerja tambahan ternyata membuatmu berisiko mengalami penyakit kardiovaskular, kelelahan dan kurangnya energi.

Individu yang bekerja lebih dari 55 jam seminggu memiliki risiko stroke 33% lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang bekerja di bawah 40 jam seminggu. Karyawan yang bekerja terlalu keras juga memiliki risiko 13% lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner.

Jika kamu terbiasa menyelesaikan semua tugasmu tepat waktu, kamu menyadari bahwa waktumu sangat berarti. Kalau kamu mengabaikan gangguan yang tidak perlu, seperti lama-lama bersantai atau ngobrol dengan rekan kerja, berarti kamu pintar mengantur waktu.

Orang-orang yang mempraktikan jadwal kerja seperti ini akan meninggalkan kantor dengan perasaan baik, karena kamu menjalani hari yang produktif.

3 dari 4 halaman

Menikmati Waktu Luang

Kamu pasti akan merasa lelah jika bekerja lebih lama di kantor, meski kamu menyukai pekerjaan tersebut. Tapi ketika kamu memutuskan untuk meninggalkan kantor tepat waktu, kamu akan merasakan betapa menyenangkan memiliki satu atau dua jam ekstra setiap hari, hanya untuk dirimu sendiri, dengan melakukan berbagai kegiatan, di antaranya berkumpul bersama keluarga dan teman-teman, berolahraga atau melakukan hobimu.

Waktu senggang sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik jangka panjang. Dan, tentu saja memiliki dampak besar pada produktivitas dan kualitas hidupmu.

4 dari 4 halaman

Mengontrol Diri

Mengontrol diri sangat penting dilakukan. Dengan kamu memilih pulang tepat waktu, menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dan mengontrol diri dengan hal lainnya di kantor menunjukkan dirimu sosok yang dewasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.