Sukses

7 Fenomena Alam Langka yang Buktikan Bumi adalah Planet Penuh Misteri

Fenomena alam langka ini membuktikan Bumi sebenarnya planet yang penuh misteri

Liputan6.com, Jakarta - Kita mungkin berpikir bahwa pengetahuan manusia tentang Bumi bersifat komprehensif dan absolut, padahal tidak demikian.

Berikut ini beberapa fenomena alam paling langka dan paling luar biasa yang membuktikan bahwa Bumi adalah planet yang luar biasa. Dilansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Gelombang merah

Gelombang disebabkan oleh sejumlah besar ganggang merah kecil di dekat permukaan air. Fenomena gelombang merah berbahaya bagi makhluk hidup di dalam laut tersebut.

Ini dikarenakan, saat fenomena itu terjadi kandungan oksigen dalam air berkurang sementara hidrogen sulfida dan amonia meningkat. Sejumlah ilmuwan bahkan menghubungkan gelombang merah dengan malapetaka di Mesir saat air Sungai Nil berrubah menjadi merah seperti darah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Brocken spectre

Saat Anda berada di pegunungan dan berpaling dari matahari, kadang-kadang Anda dapat melihat bayangan raksasa dikelilingi oleh lingkaran cahaya pelangi. Ini sebenarnya adalah bayangan si pengamat sendiri yang terpecah karena kabut.

Tetesan kecil air memecah cahaya yang kemudian membentuk lingkaran cahaya di sekitar bayangan. Fenomena ini paling sering terjadi di Brocken, sebuah gunung di Jerman.

 

3 dari 7 halaman

3. Lembah burung jatuh

Di Lembang Jatinga, India, burung-burung akan berperilaku aneh. Mereka berputar sangat rendah dan beberapa bahkan jatuh ke tanah dengan setengah sadar.

Perilaku aneh ini telah berlangsung selama berabad-abad. Burung biasanya menemukan jalannya melalui matahari dan medan magnet Bumi. Alasan perilaku aneh mereka dapat dijelaskan oleh anomali geofisika.

 

4 dari 7 halaman

4. Brinicle, jari kematian sedingin es

Fenomena ini terjadi karena perbedaan suhu beku di perairan Arktik dengan kadar garam yang berbeda. Titik es yang terbentuk kemudian berubah menjadi hamparan es di dasar laut yang membekukan dan mematikan apa saja yang disentuhnya.

Hipotesis tentang brinicle dicetuskan pertama kali pada tahun 1974, tetapi keberadaannya hanya terbukti pada tahun 2011. Hanya ada satu video yang merekam fenomena tersebut. Itu pun diambil secara tak sengaja oleh BBC.

 

5 dari 7 halaman

5. Pilar cahaya

Fenomena optik indah ini muncul ketika cahaya dari matahari, bulan, atau lampu-lampu di gedung memantul dari partikel-partikel es kecil di udara. Cahaya yang terpecah itu kemudian membentuk pilar cahaya yang terlihat dari jauh.

 

6 dari 7 halaman

6. Spaghetti salju

Seorang pria dari Hameenlinna, Finlandia, menemukan benang salju yang tampak seperti mie di danau dekat rumahnya. Dia kemudian mengetahui bahwa dia bisa mengambil benang salju tersebut dan membuat bola salju darinya. Fenomena ini kemungkinan dibentuk oleh gerakan angin dan air sebelum salju jatuh meleleh.

 

7 dari 7 halaman

7. Hutan menari

Ada hutan di Rusia di mana pohon-pohonnya bengkok dengan bentuk yang aneh. Para ilmuwan belum sampai pada kesimpulan tentang fenomena ini. Beberapa berpendapat alasannya adalah parasit, sementara yang lain menyalahkan angin laut yang kuat. Orang-orang tua mengira tempat ini berhantu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini