Studi: Hidup Bersama Hewan Peliharaan Membuat Anak Lebih Sehat

Oleh Yulia Lisnawati pada 14 Feb 2020, 16:01 WIB
Diperbarui 14 Feb 2020, 16:29 WIB
Ilustrasi Anak Bermain Bersama Anjing

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang tua berpikir bahwa buah hati mereka harus berada di lingkungan yang bersih untuk menjadi sehat. Namun, anggapan tersebut nyatanya salah.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bakteri di rumah bisa meningkatkan kesehatan kita. Dan, seperti yang ditujukkan oleh penelitian, hewan peliharaan adalah salah satu cara terbaik untuk memperkenalkan mikroorganisme ke dalam kehidupan anak-anakmu.

Banyak faktor yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita. Bahkan, 20 menit tertawa bisa menjadi penambah kekebalan yang dibutuhkan anakmu. Tapi, hewan peliharaan juga bisa membantu.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa pertemuan singkat dengan hewan peliharaan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Anjing, misalnya, membuat kita terpapar mikroba dari alam yang memperkuat kesehatan bayi.

2 dari 6 halaman

Bisa Mengurangi Alergi dan Risiko Terkena Asma

Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh kita bereaksi berlebihan terhadap zat dan mikroorganisme yang tidak berbahaya. Kebanyakan orang akan berpikir bahwa menghindari hewan peliharaan mengurangi reaksi alergi. Namun, bukan ini masalahnya.

Ternyata, jika anak kamu hidup dengan hewan peliharaan di tahun pertama kehidupannya, mereka memiliki risiko lebih rendah terkena alergi.

Studi ini menemukan bahwa anak-anak yang tumbuh di samping lumbung dan hewan lumbung memiliki persentase alergi yang lebih rendah. Studi yang sama menemukan bahwa asma jarang terjadi pada kelompok itu.

Lebih banyak bukti ditemukan dalam penelitian ini yang menyatakan bahwa bayi baru lahir yang hidup dengan kucing memiliki risiko lebih rendah terkena asma dan penyakit pernapasan lainnya.

3 dari 6 halaman

Lebih Bugar

Memiliki hewan peliharaan, terutama anjing memberikan banyak kesempatan untuk berolahraga. Apakah itu hanya berjalan atau bermain di sekitar rumah adalah cara terbaik untuk menjaga anak-anak tetap terhibur dan sehat.

Sebuah penelitian menguji lebih dari 2.000 orang dan mereka yang berjalan dengan anjing secara teratur lebih cenderung memiliki tingkat kebugaran yang tinggi.

Jadi, jika kamu ingin anak-anakmu berolahraga lebih banyak setiap hari, memelihara hewan peliharaan bisa menjadi solusi yang tepat.

4 dari 6 halaman

Penghilang Stres

Tidak hanya orang dewasa, stres juga bisa dialami anak-anak lo. Tapi, tidak seperti orang dewasa, mereka tidak selalu tahu bagaimana menghadapinya.

Menurut penelitian ini, kontak dengan hewan peliharaan mengurangi kortisol, hormon stres, dan detak jantung. Itu sebabnya, binatang peliharaan sering digunakan dalam terapi.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Anak Autis

Orang tua yang miliki anak ASD (autism spectrum disorder), tahu betapa sulitnya bagi mereka dalam situasi sosial. Namun, dengan hewan peliharaan, anak autis bisa merasa aman.

Seperti yang ditunjukkan oleh sebuah penelitian, anak-anak autis tertawa dan berbicara lebih banyak dengan rekan-rekan mereka saat ada binatang.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓