5 Manfaat Konsumsi Jahe Tiap Hari, Cegah Mual hingga Nyeri Haid

Oleh Liputan6dotcom pada 16 Feb 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 16 Feb 2020, 18:00 WIB
Jahe

Liputan6.com, Jakarta - Jahe menjadi salah satu jenis rempah yang sering digunakan untuk bumbu masak. Namun, orang-orang di zaman kuno menggunakan jahe sebagai obat segala penyakit.

Karena mengandung antioksidan, jahe banyak dipadukan dengan berbagai makanan dan minuman untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, bagian batang juga digunakan sebagai obat alami dan bumbu untuk memasak.

Nyatanya, ada banyak manfaat lainnya jika kamu mengkonsumsi jahe setiap hari. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Trending Post, Minggu (16/2/2020).

1. Tubuh Lebih Segar

 

menikmati udara segar
ilustrasi perempuan menghirup udara segar/copyright By violetblue (Shutterstock)

Konsumsi jahe setiap hari membuat tubuh akan terasa lebih bugar, dan penuh semangat. Karena sebagai pengandung antioksidan tertinggi, maka ia berfungsi untuk membunuh segala radikal bebas dari dalam tubuh.

Hal itu juga disebabkan karena di dalam jahe terkandung senyawa bioaktif yang disebut gingerol.

2 dari 6 halaman

2. Mengurangi Rasa Mual yang Berlebih

Jahe sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang suka telat makan dan mengalami mual yang biasa terjadi saat maag. Karena bermanfaat sebagai obat rumah, gunakan 1,5 gram jahe untuk atasi mual dan muntah-muntah di pagi hari.

Sebuah penelitian juga menemukan bagaimana jahe dapat digunakan secara efektif saat mengalami mabuk laut. Jahe juga bisa meredakan mual yang dirasakan pasca operasi dan pada pasien yang menjalani kemoterapi.

3 dari 6 halaman

3. Pencernaan Lebih Lancar

Sakit perut asam lambung
Ilustrasi asam lambung. (Foto: Africa Studio/ Shutterstock)

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dengan efektif dapat digunakan untuk meningkatkan kelancaran dalam pencernaan. Selain itu, jahe juga mampu atasi masalah yang sering terjadi pada lambung, seperti sembelit dan kembung.

Sebuah penelitian telah dilakukan dengan mengkonsumsi 1,2 gram garam setiap hari. Hasilnya bisa membuat pencernaan lebih lancar 50% dibandingkan dengan mereka yang tak pernah konsumsi jahe. Jika memiliki masalah pada pencernaan, mulailah coba atasi dengan konsumsi jahe setiap hari.

4 dari 6 halaman

4. Mengurangi Sakit Kram Perut Saat Menstruasi

Saat menstruasi, tidak sedikit kaum hawa sering mengalami nyeri kram pada perut. Jahe ternyata sangat cocok untuk menghilangkan rasa sakit saat datang bulan.

Hal tersebut telah dibuktikan lewat studi kasus di mana 150 wanita sedang menstruasi mengambil 1 gram bubuk jahe setiap hari selama tiga hari.

Mereka semua memastikan bahwa telah terbebas dari rasa sakit karena kram. Beberapa orang juga mengatakan bahwa efek ini lebih baik dibandingkan minum obat penghilang rasa sakit yang biasa.

5 dari 6 halaman

5. Terhindar Terkena Kanker

Jahe diklaim mampu mencegah kanker. Tak hanya itu, dalam berbagai penelitian juga telah ditemukan di dalam jahe terdapat kandungan yang mampung melawan kanker. Di mana suatu percobaan yang melibatkan 30 orang mengkonsumsi 2 gram jahe setiap hari untuk mengurangi peradangan pada usus besar.

Sementara, percobaan lain membuktikan bagaimana jahe juga dapat membantu mencegah kanker pankreas, payudara dan kanker ovarium.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan dalam hal ini untuk mendukung dan mengkonfirmasi klaim. Terlepas dari apakah itu dapat mencegah kanker atau tidak, kunci utama di sini adalah bahwa jahe mencegah peradangan faktor kunci kanker.

Penulis: 

Ayu Ester Simanjuntak

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait