6 Cara Cepat Redakan Rasa Pegal di Kaki, Yuk Coba

Oleh Sulung Lahitani pada 12 Feb 2020, 18:04 WIB
Diperbarui 12 Feb 2020, 18:29 WIB
Cara Mudah Atasi Pegal di Telapak Kaki (Staras/Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Kaki yang lelah bisa menjadi gejala penurunan aliran darah dari kaki dan biasa menyerang wanita dan orang tua. Kadang kita butuh cara untuk meredakan rasa lelah itu secara cepat, terutama setelah berdiri sepanjang hari.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengobati rasa pegal di kaki seperti dilansir dari Brightside.me.

1. Menekan dua titik pada kaki secara bersamaan

Dengan menekan titik-titik tertentu, Anda dapat melepaskan hormon endorfin. Ini akan membantu mengurangi stres, rasa sakit, dan kelelahan.

Ada dua titik di kaki, yang pertama terletak di antara tulang pertama dan kedua di kaki. Yang kedua adalah antara tulang keempat dan kelima. Tekan dengan jari pada dua titik tersebut selama dua menit. Lakukan dalam keadaan napas tenang.

 

2 dari 6 halaman

2. Gunakan pensil untuk merangsang kelegaaan di kaki

Senam Kaki Diabetes Lancarkan Sirkulasi Darah
Senam Kaki Diabetes Lancarkan Sirkulasi Darah

Temukan titik di tengah tumit. Tekan titik ini dengan pensil bagian tumpulnya selama 30 detik hingga 2 menit. Jangan menekan terlalu keras. Setelah beberapa waktu, Anda akan merasakan kaki terasa nyaman. Lakukan pada kedua kaki.

 

3 dari 6 halaman

3. Mengurangi konsumsi garam harian

Ilustrasi Garam
Ilustrasi Garam (iStockphoto)​

Jika Anda makan terlalu banyak garam, itu bisa menyebakan pembengkakan dan rasa pegal di kaki. Anda direkomendasikan mengonsumsi tak lebih dari 2.300 miligram garam per hari. Ini kira-kira satu sendok makan.

 

4 dari 6 halaman

4. Menambah asupan zat besi

Makanan yang mengandung zat besi
Makanan yang mengandung zat besi (sumber: iStock)

Kekurangan zat besi dapat memicu sindrom kaki gelisah yang menyebabkan gejala seperti kesemutan, terbakar, gatal, dan sensasi kram yang menyakitkan. Ini juga menyebabkan kelelahan di kaki.

Cobalah untuk mendapatkan nutrisi zat besi yang cukup dalam makanan Anda dengan makan makanan penuh zat besi seperti bayam, brokoli, kacang-kacangan, beras merah, dan buah-buahan kering.

 

5 dari 6 halaman

5. Menggunakan pain-relief patches

Kenapa Nyeri Otot dan Pegal Bisa Reda dengan Koyo?
Kenapa Nyeri Otot dan Pegal Bisa Reda dengan Koyo?

Ini berguna untuk meredakan pegal di kaki dengan cepat tanpa obat. Mereka dapat bekerja hingga 6 jam dan membantu melawan sakit kaki dan tumit, keseleo, tegang, dan memar.

 

6 dari 6 halaman

6. Menggunakan gerakan memukul untuk memijat sendiri

Memijat Kaki
Sebelum tidur, ada baiknya Anda memijat kaki. (Ilustrasi: Mamabee)

Pijat kaki bisa sangat menyegarkan dan manfaatnya adalah Anda bisa melakukannya sendiri. Jika Anda menggunakan tekanan yang ringan, kaki bisa terasa lebih rileks. Sementara tekanan yang agak kuat dapat mengurangi rasa sakit dan ketegangan pada otot.

Berikut caranya: pukul otot-otot kaki Anda dengan lembut dengan kepalan tangan mulai dari pergelangan kaki. Anda dapat menggunakan sisi kelingking. Ulangi gerakan ini saat Anda menggerakkan kaki. Konsentrasi pada area yang terasa tegang. Ulangi gerakan itu di sekitar kaki.

Lanjutkan Membaca ↓