Momen Haru Pasangan Lansia Sekarat Ucap Selamat Tinggal, Diduga Kena Virus Corona

Oleh Sulung Lahitani pada 09 Feb 2020, 16:16 WIB
Diperbarui 09 Feb 2020, 16:16 WIB
Momen Haru Pasangan Lansia Sekarat Ucap Selamat Tinggal, Diduga Kena Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang menunjukkan pasangan lansia mengucapkan selamat tinggal satu sama lain telah membuat haru warganet. Diduga, keduanya menderita virus Corona sehingga harus dirawat.

Video yang pertama kali muncul di Douyin (Tiktok China) itu menunjukan pasangan yang saling memegang tangan satu sama lain. Keduanya dipisahkan oleh ranjang rumah sakit. Pasangan itu terlihat saling bertatapan saat sang istri berjuang untuk bernapas.

 

"Apa artinya pasangan? Dua pasien lanjut usia dari virus Corona berusia 80-an mengucapkan selamat tinggal di ICU," tulis Jiang Wei, juru bicara Kedutaan Besar China di Panama yang mengunggah ulang video itu di Twitter.

"Ini bisa menjadi saat terakhir (bagi mereka) untuk bertemu."

 

2 dari 5 halaman

Minta untuk ditempatkan berdekatan

Momen Haru Pasangan Lansia Sekarat Ucap Selamat Tinggal, Diduga Kena Virus Corona
Doc: Nextshare.com

Menurut Red Star Video, adegan itu terjadi di unit perawatan intensif di Rumah Sakit Rakyat No. 3 Xindu di Chengdu, provinsi Sichuan pada 30 Januari. Pria tua dilaporkan bernama Zhang (85) dan dirawat di rumah sakit pada 16 Januari karena penyakit jantung koroner, penyakit obstruksi paru kronis (PPOK), dan kanker paru-paru dengan metastasis tulang.

Sementara istrinya, Wen, awalnya menderita Alzheimer. Kemudian dilaporkan dirawat pada hari berikutnya setelah kesulitan untuk bernapas dan tiba-tiba pingsan.

"Setelah aku pergi, aku tak akan pernah melihatnya lagi. Aku ingin melihatnya," kata Zhang pada anak-anaknya.

 

3 dari 5 halaman

Dibantu pihak rumah sakit

Momen Haru Pasangan Lansia Sekarat Ucap Selamat Tinggal, Diduga Kena Virus Corona
Doc: Nextshare.com

Meski telah diusahakan, Wen tetap tidak sadarkan diri. Ini membuat Zhang memohon untuk dibantu melihat istrinya tersebut.

"Mengetahui status kedua pasien, kami menyadari ini mungkin kesempatan terakhir bagi mereka untuk bertemu," kata dokter mereka seperti dilaporkan oleh Jaringan Beijing-Tianjing.

"Kami ingin melakukan yang terbaik untuk mewujudkan keinginan beliau."

Karena kondisi mereka, Zhang hanya bisa memegang tangan Wen selama beberapa menit. Tapi sang istri masih tidak memberikan respon apapun. Wen akhirnya meninggal pada hari berikutnya, sementara Zhang masih dirawat di rumah sakit tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Respons netizen

[FEATURE] Ancaman Virus Corona
Seorang pria bertopeng berjalan di area kedatangan bandara internasional di Manila, Filipina, Selasa (4/2/2020). Menurut peta Gis And Data pada Jumat malam (7/2/2020), total jumlah pasien virus corona ada 31.523 orang. (AP Photo/Aaron Favila)

Tidak jelas apakah keduanya benar-benar tertular virus Corona seperti yang ditulis oleh akun yang mengunggahnya di Twitter. Meski demikian, warganet tetap mengucapkan bela sungkawa dan bersimpati atas pasangan tersebut.

"Ia terlihat begitu mencintai istrinya," tulis akun @Northensoul22.

"Itulah cinta sejati. Sampai maut memisahkan keduanya," tulis @scott_rein.

"Inilah kebenaran dari wabah ini dan penyakit lainnya. Ini kesedihan, cinta, dan kemanusiaan. Aku berdoa semoga China dan dunia berhasil memerangi virus ini secepatnya," tulis @NowAurelius.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓