Sukses

Viral, Fenomena Banjir 'Darah' Usai Gempa di Turki

Tak disangka setelah gempa mengguncang Turki, muncul fenomena menakjubkan ini.

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan Januari 2020, Turki mengalami gempa yang cukup besar, yaitu 6,8 magnitudo. Gempa tersebut memakan korban jiwa sebanyak 36 orang dan korban luka-luka 1.607 orang. Gempa bumi terjadi pada kedalaman sekitar 9 mil dan berpusat di dekat distrik Sivrice, di provinsi Elazig, Turki timur.

Kemudian provinsi itu diguncang lebih jauh oleh serangkaian gempa susulan mulai dari antara 5,4 hingga 3,3 skala Richter. Sehabis gempa muncul fenomena aneh yang meresahkan yaitu berubahnya air menjadi merah seperti darah.

Perubahan air menjadi merah seperti darah yang terjadi di Turki bisa dibilang pemandangan yang tak biasa. Banyak warga di sana yang mengira itu sebagai tanda untuk mereka naik ke perbukitan yang tinggi. Berdasarkan informasi yang dikutip dari DailyStar, belum diketahui secara pasti apa penyebab fenomena alam ini. Terilihat jelas dalam video, cairan berwarna merah seperti darah mengalir membajiri tanaman hingga ke jalanan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Masuk Akal

Beberapa orang percaya dan berkomentar bahwa penyebab kejadian itu bisa jadi pewarna yang telah dimasukkan ke dalam pasokan air untuk membantu mendeteksi kebocoran. Akan tetapi, pemikiran tersebut telah ditentang karena sangat tidak masuk akal pewarna merah darah dimasukkan ketika tidak hujan dan tak bocor.

Ada lagi penjelasan yang mengatakan bahwa kejadian itu disebabkan oleh tercampurnya sumber air dengan limbah darah dari Rumah Potong Hewan.

3 dari 3 halaman

Tanda-tanda Kiamat

Banyak yang menerka-nerka penyebab terjadinya fenomena ini dengan pikiran yang tidak masuk akal. Ada juga yang menyambungkan dengan prediksi di tahun-tahun sebelumnya tentang tanda-tanda kiamat di akhir zaman.

Penulis :

Ayu Ester Simanjuntak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.