6 Manfaat Lain Hand Sanitizer, Bersihkan Cat Kuku hingga Kotoran di Cermin

Oleh Sulung Lahitani pada 06 Feb 2020, 19:02 WIB
Diperbarui 06 Feb 2020, 19:02 WIB
Baca Ini Sebelum Cuci Tangan Pakai Hand Sanitizer
Perbesar
Baca Ini Sebelum Cuci Tangan Pakai Hand Sanitizer

Liputan6.com, Jakarta - Rajin mencuci tangan menjadi garis pertahanan pertama Anda melawan penyebaran penyakit. Akan tetapi ada kalanya, Anda tak menemukan sabun dan air untuk mencuci tangan. Untungnya kini Anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk menghilangkan kuman di tangan.

Di sisi lain, sebenarnya hand sanitizer memiliki manfaat lainnya. Ini dikarenakan kandungan alkohol dan bahan-bahan antibakterinya menjadikannya cairan pembunuh kuman yang dapat dimanfaatkan untuk kegunaan lain.

Berikut di antaranya seperti dilansir dari Ehow.com:

1. Membersihkan cermin dan permukaan kaca lainnya

Cermin dapat menjadi kotor karena sedikit percikan saja. Pasta gigi, sabun tangan, bahkan asap dari produk hair spray dapat membuat cermin kotor.

Gunakan hand sanitizer untuk membersihkannya. Caranya, cukup tuangkan sedikit pada handuk atau kain lembut. Lalu lap cermin sampai bersih.

 

2 dari 6 halaman

2. Menghilangkan gatal bekas gigitan serangga

Gigitan serangga - menggaruk (iStock)
Perbesar
Ilustrasi gigitan serangga - menggaruk (iStock)

Nyamuk, lalat, kutu, dan serangga penghisap darah lainnya dapat membuat rasa gatal saat menggigit Anda. Jika itu terjadi pada Anda, oleskan hand sanitizer di bagian yang gatal dan bentol.

Hand sanitizer membantu meringankan gatal dan mengurangi peradangan. Tak hanya itu, bahkan hand sanitizer dapat mencegah gigitan agar tidak terinfeksi.

 

 

3 dari 6 halaman

3. Menghapus bekas perekat atau label

Cara Nyeleneh Saat Gunakan Lakban
Perbesar
Cara Nyeleneh Saat Gunakan Lakban Ini Bikin Geleng-geleng (sumber:Instagram/ngakakkocak)

Menghapus label harga atau bekas isolasi band dapat sedikit merepotkan. Hand sanitizer adalah cara yang sangat efisien untuk menghilangkan bekasnya.

Cukup oleskan cairan hand sanitizer ke bagian yang ada bekas label atau isolasi band, biarkan selama beberapa menit untuk melembutkan bekas perekat, kemudian bersihkan dengan kain kering. Ulangi untuk perekat yang membandel.

 

4 dari 6 halaman

4. Menghapus sidik jari dari peralatan stainless steel

Ilustrasi sidik jari.
Perbesar
Ilustrasi sidik jari. (iStockphoto)

Peralatan stainless steel mudah terlihat kotor bila terkena sidik jari, apalagi noda lainnya. Tak perlu gunakan pembersih khusus, hand sanitizer pun dapat membersihkannya. Cukup tuangkan pada kain lembut lalu usap di bagian yang kotor.

 

5 dari 6 halaman

5. Menghapus cat kuku

Bahan Kosmetik yang Perlu Dihindari Saat Hamil
Perbesar
Cat Kuku / Sumber: iStockphoto

Anda bisa gunakan hand sanitizer untuk membersihkan cat kuku. Cukup gosokkan pada bagian yang ingin dibersihkan, biarkan beberapa menit, lalu bersihkan.

Ini sama efektifnya untuk menghilangkan cat, baik itu di tangan, pakaian, atau furnitur Anda. Ini bahkan dapat membersihkan percikan cat di sepatu Anda.

 

6 dari 6 halaman

6. Membersihkan keyboard dan mouse

[Fimela] Mouse
Perbesar
Ilustrasi mouse | unsplash.com

Mouse dan keyboard adalah salah satu tempat bakteri berkembang. Ini dikarenakan penggunaannya yang amat sering.

Jangan gunakan alkohol atau semprotan desinfektan, sebab cairan yang mengalir adalah musuh bagi alat elektronik. Sementara hand sanitizer bahannya gel sehingga risikonya tak terlalu besar. Tentunya tuangkan terlebih dahulu pada kain baru bersihkan mouse dan keyboard dengannya.

Lanjutkan Membaca ↓