Sukses

Suka Berbicara pada Diri Sendiri Tanda Orang Sukses, Ini Alasannya

Kamu punya kebiasaan suka berbicara pada diri sendiri?

Liputan6.com, Jakarta - Kamu punya kebiasaan suka berbicara pada diri sendiri? Jika demikian, ini kabar baiknya: kamu mungkin berarti orang yang jenius dan punya jaminan sukses.

Orang yang suka berbicara dengan diri sendiri seringkali disebut 'gila.' Padahal, kebiasaan tersebut memiliki banyak manfaat.

Dalam sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam The Quarterly Journal of Experimental Psychology, peneliti menunjukkan bahwa jika Anda berbicara kepada diri sendiri, itu akan memengaruhi mental Anda. Tak hanya itu, kebiasaan ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki kinerja yang lebih baik karena Anda memiliki gambaran di pikiran.

Prosesnya mirip seperti saat seseorang yang kerjanya lebih bagus atau membuat keputusan yang lebih baik saat ia membuat mind maps.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fakta Mengapa Berbicara dengan Diri Sendiri Itu Bagus

Ada beberapa alasan mengapa kebiasaan berbicara dengan diri sendiri sebenarnya merupakan kebiasaan yang baik. Berikut ini faktanya seperti dilansir dari Goodyfeed:

 

3 dari 5 halaman

1. Meningkatkan daya ingat

Pernahkan Anda mencoba menghapal sesuatu dengan mengulanginya dengan keras? Ya, pada dasarnya berbicara kepada diri sendiri memiliki metode yang sama. Saat Anda mengulang-ulang suatu keputusan dengan menagatakannya pada diri sendiri, maka diri And akan lebih siap melakukan keputusan tersebut.

 

4 dari 5 halaman

2. Mengklarifikasi pikiran dengan jelas

Memiliki semua hal tertumpuk di pikiran dapat membuat Anda stres. Saat Anda mengatakannya pada diri sendiri, ini akan membuat segalanya menjadi lebih jelas.

 

5 dari 5 halaman

3. Membuat Anda lebih dekat dengan tujuan

Berbicara dengan diri sendiri juga membuat Anda lebih dekat dengan tujuan dalam hidup. Ini seperti yang biasa Anda temukan dalam buku motivator: ingatkan diri Anda tentang tujuan Anda dengan jelas setiap hari, tanpa sadar Anda akan mencapainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini