Sukses

7 Tempat Terkenal Dunia dan Tiruannya di China, Mirip Enggak?

China dikenal dengan kebiasaan mereka yang suka membuat tiruan.

Liputan6.com, Jakarta China dikenal dengan kebiasaan mereka yang suka membuat tiruan. Tak hanya dalam bentuk produk atau brand tertentu, kebiasaan meniru itu juga mereka terapkan dalam hal tempat-tempat wisata populer di dunia.

Karenanya, saat Anda berkunjung ke China dan melihat kanal seperti di Venesia, Kincir Angin seperti di Belanda, atau bahkan Menara Eiffel seperti di Prancis, jangan bingung. Anda tidak berhalusinasi.

Beberapa tiruan tempat terkenal tersebut dapat terlihat amat mirip. Sementara yang lain seringkali ditinggalkan sebagai 'kota hantu' karena sepi. Atau bahkan, ada yang ditinggalkan begitu saja saat tempat tiruan tersebut baru separuh dibangun.

Berikut ini beberapa tempat terkenal di dunia beserta tiruannya di China seperti dihimpun dari Insider:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Desa Hallstatt di Austria

Desa ini merupakan desa tambang garam kuno. Keindahannya membuat desa ini masuk dalam situs warisan dunia versi UNESCO. 

Desa Tiruan di Guangdong, China

 

Pembangunan desa tiruan ini memakan biaya hingga US$ 940 miliar. Tak hanya itu, desa tiruan ini menimbulkan kontroversi karena penduduk asli desa Hallstatt tak tahu bahwa desa mereka ditiru oleh China. 

3 dari 8 halaman

2. Menara Eiffel di Prancis

Menara Eiffel merupakan landmark kota Paris, Prancis. Saat berkunjung ke Prancis, Menara Eiffel menjadi salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi.

Menara Eiffel Tiruan di Tianducheng

 

Menara tiruan yang terletak di Tianducheng, provinsi Zhejiang ini tingginya hanya 107 meter. Sementara Eiffel yang asli tingginya mencapai 324 meter. Kini Tianducheng merupakan salah satu kota hantu yang dimiliki China.

4 dari 8 halaman

3. Interlaken di Swiss

Interlaken adalah kota resor menawan yang terletak di Pegunungan Alpen Swiss. Ini adalah rumah bagi salah satu hotel tertua di dunia, dan kota kecil yang sempurna untuk dikunjungi jika Anda pecandu adrenalin.

Interlaken Tiruan di Overseas Chinese Town East (OCT)

 

Pemandangan di "Overseas Chinese Town East (OCT)" yang merupakan tiruan Interlaken ini tidak memiliki pemandangan gunung seperti di Swiss. Tak hanya itu, danaunya sendiri sepenuhnya merupakan danau buatan.

5 dari 8 halaman

4. Manhattan di New York

Ini merupakan pemandangan Manhattan di New York yang terlihat begitu indah. 

Manhattan Tiruan di Tianjin Binhai New Area

 

Konstruksi telah dihentikan pada apa yang seharusnya menjadi mini-Manhattan di Tianjin Binhai New Area. Tempat ini kini juga menjadi salah satu kota hantu yang sepi penduduk.

6 dari 8 halaman

5. Thames di Inggris

Thames di Inggris merupakan sebuah kota kecil di pedalaman Inggris. Kota ini mencerminkan Inggris klasik dengan rumah-rumah bata, jalanan berbatu, dan petak bunga.

Thames Tiruan di Distrik Songjiang

Meski dimaksud untuk menyerupai Kota Thames, namun kota tiruand di Distrik Songjiang tak jauh dari Shanghai ini terlihat begitu jauh berbeda. Bahkan, tempat ini juga kini telah menjadi salah satu kota hantu.

7 dari 8 halaman

6. Marie-Elisabeth-Lüders House di Berlin

Arsitektur modern Berlin, seperti Rumah Marie-Elisabeth-Lüders, menarik lebih dari 5 juta wisatawan pada tahun 2017. Itu adalah peningkatan pengunjung 2,7% dari tahun lalu, menurut Visit Berlin.

Tiruan yang Sama di Dekat Shanghai

 

Tiruannya di dekat Shanghai justru sebagian besar kosong. Bahkan laporan mengatakan bahwa hanya satu dari lima apartemen yang ditempati.

8 dari 8 halaman

7. Kincir Angin di Belanda

Kincir angin merupakan salah satu landmark Belanda. Saat menyebut kincir angin, otomatis ingatan orang akan menuju pada Belanda. Bahkan, seluruh kereta di Belanda kini telah menggunakan tenaga kincir angin.

Tiruan Kincir Angin di Pudong

 

Kota tiruannya di Shanghai, juga dikenal sebagai "Pudong's Nederland," memiliki kincir angin sendiri. Kota ini memiliki salinan bangunan seperti Museum Maritim Belanda dan department store Bijenkorf di Amsterdam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini