Sukses

6 Titik Pijat yang Bantu Cepat Tidur dalam 2 Menit, Bebas Insomnia

Jika kamu mengalami gejala ini, memang ada berbagai cara mengatasi insomnia, salah satunya pijatan kaki untuk membantumu cepat tertidur.

Liputan6.com, Jakarta - Insomnia memang menjadi momok menakutkan untuk orang-orang yang berusia produktif. Bagaimana tidak, gangguan tidur dapat membuat kita terjaga di malam hari sehingga menyebabkan kurang produktif di siang hari karena kurangnya istirahat.

Banyak orang yang memiliki masalah kesulitan tidur setiap harinya. Nah, jangan menganggap remeh jika kamu merasa sulit tidur, bisa jadi kamu terkena gejala insomnia.

Insomnia saat ini nampaknya sudah menjadi gaya hidup para remaja maupun kaum muda yang memiliki hobi nongkrong berjam-jam. Insomnia merupakan gejala kelainan dalam tidur.

Individu yang insomnia mengalami kesulitan untuk tidur atau untuk mempertahankan tidurnya meskipun memiliki kesempatan untuk itu, sering terjaga di malam hari dan sepanjang hari merasakan kelelahan.

Jika kamu mengalami gejala ini, memang ada berbagai cara mengatasi insomnia, salah satunya pijatan kaki untuk membantumu cepat tertidur.

Michele Stevens, seorang ahli refleksi menjelaskan cara melakukan pijatan sendiri dalam beberapa langkah. Berikut langkah-langkah pijatan kaki untuk membantumu cepat tertidur, seperti melansir Bright Side, Senin (3/2/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Langkah 1

Kamu bisa mulai dengan titik di atas jempol kaki. Pijat titik ujung jempol kaki dengan gerakan memutar sambil beri sedikit tekanan dan tahan selama beberapa detik.

3 dari 7 halaman

Langkah 2

Lalu pijat jempol kaki dengan ibu jari. Mulai dari sisi jari kakimu dan bergerak dari bawah ke atas. Lalu lanjut ke pusat jari kakimu dan kemudian ke sisi lain dari jari kaki. Ulangi setidaknya 3 kali.

4 dari 7 halaman

Langkah 3

Pijat bagian atas kaki. Bergeraklah ke atas ke jari-jari kakimu, tekan semua bagian alas kaki. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

5 dari 7 halaman

Langkah 4

Untuk melakukan ini, tekan ibu jari sambil menahan kakimu, dari satu sisi ke sisi lain dalam gerakan melingkar. Ulangi setidaknya tiga kali.

6 dari 7 halaman

Langkah 5

Pijat bagian tengah kaki dengan ibu jari dalam gerakan memutar. Kemudian tekan titik ini dan tahan selama beberapa detik.

7 dari 7 halaman

Langkah 6

Tarik dengan lembut masing-masing jari kaki. Mulailah dengan ibu jari dan pindah ke kelingking. Ulangi beberapa kali. Kamu juga bisa memijat di antara jari-jari kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.