Sukses

6 Fakta Menarik Tahun Baru Imlek 2571, Tahun Tikus Logam

Setiap tahunnya tanggal untuk merayakan Imlek berbeda-beda. Hal ini karena penanggalannya berdasarkan kalender lunar.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Tahun Baru Imlek, terdapat 12 hewan berbeda yang mewakili atau menggambarkan tentang tahun tersebut. Hewan-hewan tersebut adalah Tikus, Sapi, Naga, Ular, Kuda, Harimau, Kelinci, Domba, Ayam, Monyet, Anjing, dan Babi.

Perayaan Imlek yang jatuh pada Sabtu, 25 Januari 2020 tahun ini disebut sebagai Tahun Tikus setelah Imlek sebelumnya merupakan Tahun Babi.

Dalam kepercayaan umat Tionghoa, seseorang yang lahir pada Tahun Tikus dianggap sebagai tanda kekayaan. Selain itu, mereka juga lebih rentan untuk terkena penyakit.

Namun, ada beberapa fakta lain mengenai Tahun Tikus ini, seperti dipercaya sebagai tanda kekayaan. Berikut adalah 6 fakta menarik mengenai Tahun Baru Imlek 2571, Tahun Tikus menurut Mitologi Tiongkok Kuno.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tikus menempati urutan pertama dalam siklus zodiak Cina

Berdasarkan legenda Cina yang terkenal, Kaisar Giok mengundang seluruh kerajaan binatang untuk berpartisipasi dalam perlombaan yang diikuti oleh 12 hewan tersebut. Pemenangnya dari lomba tersebut akan dipilih sebagai hewan kalender zodiak. Hasilnya, tikuslah yang memenangkan perlombaan tersebut.

3 dari 7 halaman

2. Tahun 2020 bukan hanya memasuki dekade baru, tetapi memulai kembali siklus zodiak.

Tahun tikus terakhir kali muncul setelah 12 tahun lalu pada tahun 2008 di kalender Cina. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa siklus akan mulai dari awal.

4 dari 7 halaman

3. Tikus membintangi legenda Cina tentang asal-usul dunia

Terdapat alasan mengapa tikus berada di atas sebelas hewan lainnya dalam kalender Cina. Dalam  sebuah mitos Cina, alm semesta merupakan kegelapan murni pada awalnya dan berbentuk telur. Tikus diduga menggigit celah dalam alam semesta untuk melepasnya di udara. Hal tersebut mengakibatkan pemisahan langit dan bumi yang kemudian menjadi permulaan dunia.

5 dari 7 halaman

4. Mereka yang lahir di Tahun Tikus dianggap rajin dan hemat.

Orang yang lahir di Tahun Tikus dianggap memiliki karakter yang sama dengan tikus, yaitu suka sosialisasi, kreatif, cerdas, jujur, ambisius dan murah hati.

6 dari 7 halaman

5. Tahun 2020 adalah Tahun Tikus Logam

Mereka yang lahir pada tahun 2020 dikatakan sebagai orang yang positif, percaya diri, cerdas, berbakat , dan loyal. Selain itu, mereka juga mudah cemburu, cepat marah, dan keras kepala.

7 dari 7 halaman

6. Tikus dipercaya sebagai pertanda kekayaan

Karena tingkat reproduksinya yang tinggi, budaya Tiongkok kuno meyakini tikus adalah simbol keberuntungan dan kesuburan. Maka dari itu, biasanya pasangan yang sudah menikah dan sulit untuk mendapatkan keturunan akan berdoa untuk mendapatkan seorang anak.

Penulis: Ulya Kaltsum 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.