6 Gejala Ini Menandakan Anda Terlalu Banyak Minum Kopi

Oleh Sulung Lahitani pada 22 Jan 2020, 18:02 WIB
Diperbarui 22 Jan 2020, 18:07 WIB
manfaat kopi hangat

Liputan6.com, Jakarta - Di dunia modern ini, banyak orang yang tak bisa beraktivitas tanpa kopi. Bahkan, telah menjadi budaya. Anda bisa melihat semakin menjamurnya warung kopi maupun merek kopi baru. Malahan rata-rata seseorang bisa mengonsumsi hingga 3,1 cangkir kopi per hari.

Meski kopi memiliki banyak manfaat, namun Anda juga harus mengetahui dampak negatifnya. Berikut ini ciri-ciri bahwa Anda sudah mengonsumsi kopi terlalu banyak.

1. Anda punya masalah dengan perut

Kopi sebenarnya memiliki efek pencahar. Ini melepaskan hormon yang membuat perut Anda mempercepat aktivitas di usus besar.

Minum terlalu banyak kopi dapat menyebabkan buang air besar dan bahkan diare. Jika perut Anda bermasalah, cobalah kurangi konsumsi kopi Anda.

 

2 dari 7 halaman

2. Merasa lelah keesokan harinya setelah minum kopi

Stres - sakit kepala - lelah (iStock)
Ilustrasi stres - sakit kepala - lelah (iStockphoto)

Kopi merangsang sistem saraf karena kandungan kafeinnya dan kopi juga meningkatkan kinerja fisik Anda hingga 11-12%. Sisi buruknya, unsur kimia yang ada di dalam kopi membuatnya hanya berlaku di awal lalu stamina menurun.

Beberapa penelitian menemukan bahwa setelah terlalu banyak minum kopi, Anda mungkin merasa lelah dan tertidur. Kelelahan datang segera setelah semangat yang tinggi.

 

3 dari 7 halaman

3. Mengalami kecemasan berlebihan

Health Anxiety: Saat Mencemaskan Kesehatan Justru Membuat Sakit
Health Anxiety: Saat Mencemaskan Kesehatan Justru Membuat Sakit

Kafein meningkatkan fokus dengan memblokir adenosin yang membuat Anda lelah. Tapi jika Anda mengonsumsinya dalam dosis besar tiap hari, itu dapat menyebabkan kecemasan dan kegugupan.

Kopi adalah pemicu pelepasan adrenalin yang dapat memengaruhi perilaku Anda. Jika Anda merasa terlalu gugup, cobalah mengendalikan konsumsi kafein Anda.

 

4 dari 7 halaman

4. Mengalami insomnia

Susah Tidur atau Sulit Tidur
Ilustrasi Foto Susah Tidur atau Sulit Tidur (iStockphoto)

Kafein membuat Anda tetap terjaga, tapi pada saat yang sama itu dapat memengaruhi waktu tidur Anda. Para peneliti telah membuktikan bahwa asupan kopi yang tinggi dapat meningkatkan jumlah waktu yang Anda butuhkan untuk tertidur. Anda benar-benar kurang tidur dan menjadi lebih lelah di siang hari.

 

5 dari 7 halaman

5. Memiliki detak jantung yang cepat dan mengalami kelelahan

Ini Dia Penyebab Penyakit Jantung di usia Muda
Ilustrasi penyakit jantung. (via: istimewa)

Efek detak jantung yang cepat tak muncul pada semua orang, tapi masih cukup umum. Terbukti pada anak muda, kafein dapat meningkatkan denyut nadi. Minum kopi tak dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah dengan tekanan darah dan jantung mereka.

 

6 dari 7 halaman

6. Metabolisme Anda meningkat dan Anda jadi kecanduan

[Bintang] Ilustrasi Minum Kopi
Berbahaya, jangan abaikan pertanda kamu kecanduan kafein ini! (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Kafein adalah suplemen pembakar lemak. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu meningkatkan metabolisme Anda hingga 3-11%.

Namun penting untuk berhati-hati. Beberapa orang tak toleran terhadap kopi dan efek negatifnya jauh lebih buruk daripada yang positif. Masalahnya adalah Anda bisa kecanduan kopi dan berhenti minum cukup air, yang sebenarnya dibutuhkan tubuh Anda.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓